testimoni

testimoni

Pemerintah Adakan Inspeksi Proyek KA Bandara


KAIS Merbabu bersama rombongan berjalan langsung di Stasiun Rawabuaya menuju Batuceper
[12/3] - Hari ini beberapa pejabat pemerintah yaitu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Plt. Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dan Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin beserta tim melakukan perjalanan dinas untuk menginspeksi proyek MRT dan KA bandara.


Perjalanan inspeksi kali ini menggunakan rangkaian KAIS (KA Inspeksi) Merbabu dengan nomor sarana SI 3 16 01-02 milik Kemenhub yang biasa digunakan untuk kepentingan inspeksi oleh berbagai pejabat pemerintah dan/atau pejabat KAI. Dilihat dari nomor sarana sesuai dengan PM 54/2016, KAIS ini merupakan KRD dengan mesin diesel hidrolik sebagai tenaga penggeraknya, dan mempunyai kapasitas 40 kursi dengan interior yang bisa dikatakan cukup "wah", sesuai dengan peruntukannya.

Rangkaian ini dikirim dari Madiun semalam sebelumnya untuk kemudian "tidur" di Dipo Tanah Abang terlebih dahulu. Berdasarkan informasi dari Detik Finance, perjalanan inspeksi diawali pada sekitar pukul 15.20 oleh rombongan untuk meninjau kesiapan proyek MRT Jakarta dan Stasiun Sudirman sebagai stasiun pemadu moda MRT, LRT, KRL, dan KA bandara.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan KAIS Merbabu untuk meninjau Stasiun Sudirman Baru sekaligus turun sebentar untuk meninjau progres pembangunan di sana, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Duri.

Di Stasiun Duri, rombongan meninjau progres pembangunan Stasiun KA bandara yang berada di peron sebelah utara dan sempat pula berbincang mengenai proyek KA bandara. Selanjutnya, rombongan kembali menaiki rangkaian KAIS Merbabu untuk kemudian berangkat menuju Stasiun Batuceper. Terpantau oleh tim REDaksi, rangkaian berjalan langsung di Stasiun Rawabuaya menuju Batuceper sekitar pukul 16.15 tadi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Rini Soemarno (Kementerian Perhubungan)

Dari Stasiun Batuceper, rombongan kemudian meninjau kesiapan pembangunan stasiun terutama sebagai percabangan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Rombongan kemudian melanjutkan inspeksi dengan perjalanan darat menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk meninjau Stasiun Bandara, sementara rangkaian KAIS berjalan menuju Stasiun akhir Tangerang untuk menunggu.
KAIS Merbabu beserta rombongan memasuki Stasiun Duri
Selesai inspeksi di Stasiun Bandara, rombongan kemudian kembali menuju Stasiun Batuceper untuk kemudian kembali menaiki KAIS Merbabu menuju Stasiun Duri dan Manggarai. Terpantau oleh tim REDaksi, rangkaian masuk Stasiun Duri pada sekitar pukul 18.00 dan berangkat kembali menuju Manggarai sekitar pukul 18.05 untuk mengakhiri perjalanan inspeksi.

Semoga saja dengan adanya inspeksi ini pengerjaan proyek KA bandara bisa dikebut sehingga selesai tepat waktu dan segera bisa dinikmati.

Sumber:


Railway Enthusiast Digest|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment