testimoni

testimoni

Ribuan Railfans Lepas KA Buatan Hitachi ke Inggris

Unit power car yang dikirimkan ke pelabuhan (Asahi Shinbun)
[6/3] - Dapatkah Anda membayangkan bagaimana bangga dan terharu rasanya jika seorang, terutama railfans menyaksikan kereta produk buatan negaranya diekspor, baik dalam keadaan bukan baru ataupun dalam keadaan baru untuk kemudian digunakan untuk mengangkut penumpang/barang di negara tujuan?

Mungkin rasa yang sama juga dirasakan oleh ribuan railfans yang melepas keberangkatan power car Class 800 buatan Hitachi Kasado di Kudamatsu, Minggu 5 Maret kemarin. Seperti yang dilansir dari Asahi Shinbun, power car ini dikirimkan dari pabrik Hitachi Kasado ke pelabuhan di Kudamatsu, Prefektur Yamaguchi melalui angkutan jalan raya dengan menggunakan truk, tidak berbeda dengan misalnya pengiriman KRL eks Tokyo Metro dari Dipo Shin-Kiba menuju pelabuhan untuk dikapalkan ke Jakarta.

Seperti halnya pengiriman KRL di atas, pengangkutan unit kereta dari pabrik ke pelabuhan seperti ini biasanya dilakukan pada malam hari hingga subuh untuk mencegah kemacetan. Akan tetapi, karena para railfans sering mendapatkan informasi dari sumber-sumber internal, mereka sering berkumpul tengah malam hanya untuk menyaksikan momen langka seperti ini.

Bukannya merasa terganggu, pemerintah kota Kudamatsu justru memanfaatkan momen seperti ini sebagai daya tarik baru sekaligus mempromosikan kemampuan industri kota ini, sehingga pada akhirnya menyusun rencana dengan kepolisian dan pihak Hitachi untuk mengadakan acara spesial ini.

Railfans yang berkumpul di pinggir jalan menyaksikan kepergian KA Inter-City ke Inggris (Asahi Shimbun)
Acara ini berlangsung pada pukul 14.00 di mana unit power car ini diangkut menggunakan truk untuk menempuh perjalanan sejauh 4 km dari pabrik menuju pelabuhan untuk selanjutnya dikapalkan ke Inggris. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 40 menit, dan sepanjang perjalanan, unit kereta ini disambut sampai sekitar 30.000 (!) orang, baik railfans ataupun orang biasa yang penasaran unutk mengucapkan selamat tinggal kepada unit power car ini. Power car ini sendiri adalah satu dari 866 unit kereta elektro-diesel (Mampu menggunakan mesin diesel atapun motor listrik sebagai penggerak utama) yang dipesan oleh Pemerintah Inggris untuk program Intercity Express baru sebagai Class 800.

Didesain mampu mencapai kecepatan 140 mil per jam dan mempunyai kemampuan dual mode mesin diesel dan LAA 25kV AC, kereta dengan basis Hitachi A-Train ini didapuk untuk menggantikan InterCity 125 yang telah setia melayani penumpang di berbagai lintas di Inggris sejak 1975 dan InterCity 225 yang telah masuk layanan sejak 1988. Sampai sejauh ini, telah dikapalkan 240 unit kereta seperti ini, baik kereta tengah ataupun kereta power car dari pabrik Kasado.

baca juga: Hitachi Memenangkan Tender Rangkaian Kereta TransPeninne Express

Sumber:
Asahi Shinbun

RE Digest|Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment