testimoni

testimoni

Stasiun KRL Akan Dilengkapi Portable Ramp Untuk Kursi Roda

Portable ramp yang akan digunakan di stasiun untuk naik-turun penumpang difable
Detik

[4/3]. Anda difabel pengguna kursi roda? Atau mungkin punya saudara, teman, atau kekasih yang saat ini tengah meggunakan kursi roda dan sering bepergian menggunakan KRL? Beberapa dari anda pasti pernah merasa kerepotan ketika hendak menaikkan kursi roda ke dalam KRL. Jarak peron yang jauh, serta ketinggian peron dan lantai KRL yang berbeda seringkali menyulitkan bagi difabel.

Terkadang beberapa terpaksa meminta bantuan orang-orang di sekitar untuk mengangkat kursi roda supaya bisa masuk ataupun keluar KRL. Tentu sangatlah berat dan merepotkan. Namun ada sedikit kabar gembira bagi anda pengguna kursi roda. PT KCJ berencana akan menyediakan portable ramp atau tanjakan lipat di setiap stasiun.

Dilansir dari Kompas.com, VP Komunikasi PT KCJ Eva Chairunisa mengatakan saat ini KCJ sedang memproduksi tanjakan lipat untuk semua stasiun di Jabodetabek. Tanjakan lipat ini memiliki ukuran 1x0,5 meter yang dapat mempermudah proses naik turun penumpang difable di stasiun. Sistem ini sudah digunakan di Jepang (JR East) serta beberapa negara maju lainnya dan diadaptasi oleh PT KCJ di Indonesia.

Portable ramp yang digunakan di Jepang
Accessible Japan

Nantinya ketika penumpang berkursi roda hendak naik ke KRL, penumpang cukup meminta tolong pada petugas yang berjaga di stasiun seperti passenger service maupun PKD. Petugas akan menggelar portable ramp di celah antara peron dan lantai kereta serta membantu penumpang untuk naik ataupun turun dari kereta. Portable ramp ini mulai digunakan secara merata di Jabodetabek pada Mei 2017 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. just share info aja, RATU MEDIKA adalah toko online yang menjual kursi roda travelling untuk jalan-jalan. Kursi roda liburan (kursi roda bepergian) ukuran kecil dan ringan. Kursi roda haji yang biasa digunakan saat naik haji dan naik pesawat. Kursi roda lipat ukuran mini yang ringan dan praktis masuk bagasi pesawat, untuk lebih jelasnya dapat membuka link ini: RatuMedika.com

    ReplyDelete