testimoni

testimoni

Tiongkok Menangkan Tender Kereta Baru Los Angeles Metro

Rangkaian KRL Los Angeles Metro saat berhenti di Stasiun Union di Jalur Merah
Wikipedia

[30/3]. Pabrikan kereta api asal Tiongkok, CRRC, berhasil memenangkan tender pengadaan kereta baru untuk Los Angeles Metro. Dilansir dari CGTN, pihak CRRC mengonfirmasi hal tersebut pada pekan lalu. CRRC nantinya akan membuat 64 unit kereta bawah tanah untuk Los Angeles Metro dengan nilai kontrak sebesar USD 647 juta. 

Namun rangkaian kereta ini tidak akan dikirim utuh ke Amerika Serikat. Mengikuti regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat, nantinya rangkaian ini akan dikirim dalam bentuk potongan spare part dan nantinya akan dirakit di Springfield, Massachusets. Pengiriman pertama akan dilakukan pada 2020 dan ditargetkan selesai pada 2021.

Rangkaian KRL di Stasiun Wilshire/Western di Jalur Ungu
Wikipedia

Sesuai dengan regulasi, 60% komponen rangkaian kereta ini dibuat oleh Amerika Serikat. Pihak LA Metro sendiri mengatakan rencananya rangkaian kereta baru buatan Tiongkok ini akan dioperasikan di Jalur Merah yang menghubungkan Downtown Los Angeles dengan Hollywood Utara dan Jalur Ungu yang menghubungkan Downtown Los Angeles dengan Mid-Wilshire atau Koreatown. Pihak LA Metro juga berencana akan membeli 218 unit kereta baru dari Tiongkok.

Tidak hanya untuk Los Angeles. CRRC saat ini juga tengah mengerjakan armada kereta baru untuk Boston Subway System. CRRC juga berhasil memenangkan tender pengadaan kereta penumpang untuk Chicago pada tahun lalu. Asisten Direktur Marketing CRRC Qingdao Sifang Tony Liu mengatakan perusahaan sedang fokus untuk mengerjakan sejumlah proyek di Amerika Serikat, termasuk di dalamnya proyek San Francisco Bay Area Rapid Transit.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment