testimoni

testimoni

Yuk Kita Lihat Komponen KRL Buatan Indonesia

Komponen VVVF buatan PT Len

[20/3]. Bicara soal teknis KRL pasti tidak lepas dengan komponen-komponen kelistrikan yang mendukung beroperasinya kereta. Seolah seperti organ tubuh pada manusia, komponen ini merupakan elemen penting dan sangat vital bagi sebuah KRL. Sebut saja Switch Box, Static Inverter (SIV), Change Over Switch, hingga VVVF.

Membicarakan produsen komponen-komponen tersebut pasti pikiran kita tidak akan jauh dari pabrik kawakan seperti Hitachi, Toshiba, Kawasaki, ataupun Alstom. Tapi siapa yang menyangka kalau Indonesia sudah bisa memproduksi komponen-komponen tersebut? Adalah PT Len Industri yang telah memproduksi komponen untuk KRL.

Beberapa komponen kelistrikan KRL telah diproduksi oleh PT Len seperti Change Over Switch, Switch Box, Brake Resistor, Filter Reaktor, SIV, pantograph, hingga VVVF. Kesemua komponen tersebut sudah mendukung teknologi VVVF-IGBT pada KRL.

Brake resistor

Change Over Switch Box

Filter Reaktor

Main Switch Box

SIV

Komponen KRL buatan Len ini memang belum digunakan secara luas. Namun jika kalian ingin melihat komponen-komponen buatan Len kalian bisa menemukannya pada rangkaian Holec Repowering atau biasa kita kenal dengan nama Holec AC. Hmm apakah mungkin di masa depan Indonesia bisa memproduksi KRL sendiri?


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment