testimoni

testimoni

Jalur KA Sumut-Aceh Dibangun Tahun Ini

Rangkaian KRDI Perintis Aceh saat berada di Stasiun Bungkah | Kereta Api Kita


[25/4]. Koneksi bagian utara Sumatera menggunakan kereta api semakin mendekati kenyataaan. Dilansir dari Detik, ada 2 jalur yang akan dibangun yakni Sigli-Bireun dan Lhokseumawe-Langsa-Besitang dengan total jarak 417,541 kilometer. Jalur penghubung Aceh-Sumut nantinya akan melintasi 8 kabupaten dan kota di Aceh serta 1 kabupaten di Sumatera Utara.

Kabupaten dan kota tersebut diantaranya adalah Kabupaten Pidie, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireun, Kabupaten Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, Kabupaten Aceh Tamiang, dan berakhir di Kabupaten Langkat. Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Djoko Setiowarno mengatakan nantinya 95% jalur ini akan dibangun menggunakan skema pembebasan lahan. Sedangkan sisanya menggunakan jalur yang sudah ada.

Emplasemen Stasiun Besitang | Divre 1 Railfans

Untuk jalur yang baru dibangun nantinya akan dibangun ganda dan tersambung dengan jalur yang sudah ada (Bungkah-Krueng Mane-Krueng Geukeuh dan Medan-Binjai). Djoko juga menambahkan nantinya di sepanjang jalur akan dibangun 40 stasiun dengan rincian 1 stasiun kelas 1, 1 stasiun kelas 2, 38 stasiun kelas 3, dipo, rumah sinyal, perlintasan sebidang, serta 8 perlintasan tidak sebidang.

Namun sayangnya tidak diketahui solusi untuk perbedaan gauge di jalur ini. Seperti yang kita ketahui jalur KA di Aceh yang ada saat ini (Bungkah-Krueng Geukeuh) menggunakan lebar sepur standar Internasional (1435 mm). Sedangkan jalur dari Binjai ke Medan masih menggunakan lebar sepur 1067 mm. Untuk jalur Besitang-Binjai sendiri jalurnya telah lama dibongkar dan dibangun kembali dengan lebar sepur lama (1067 mm).


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment