testimoni

testimoni

KRD "Bukan Baru" Swedia Tiba di Uruguay

KRD eks. Swedia yang diimpor oleh Uruguay | Railway Gazette

[20/4]. Uruguay State Railway (AFE) kedatangan armada "bukan baru" dari Swedia. 7 unit KRD eks. Swedia telah tiba di ibukota Uruguay, Montevideo. Dilansir dari Railway Gazette, KRD-KRD ini tiba di Uruguay pada Sabtu (15/4) kemarin melalui Pelabuhan Montevideo setelah berlayar dari Swedia. Setibanya di pelabuhan, KRD-KRD ini dinaikkan ke atas truk untuk diangkut ke Dipo Montevideo. 

KRD yang diimpor adalah KRD seri Fiat Y1 yang dibuat 1979 hingga 1981. Rangkaian ini sendiri memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 68 kursi dan dilengkapi dengan pendingin udara serta jaringan WiFi untuk penumpang. Selama di Swedia, KRD ini beroperasi di Daerah Operasi Varmlandstrafik, di daerah Karlstrad, barat Swedia.

Fiat Y1 semasa masih beroperasi di Swedia | Wikipedia

Rangkaian ini dibeli oleh AFE melalui perusahaan leasing kereta api, NetRail. Dari ketujuh KRD, hanya akan ada 6 yang dioperasikan untuk mengangkut penumpang. Sedangkan 1 sisanya akan dijadikan kanibal untuk suku cadang KRD lainnya. Rencananya KRD ini akan dioperasikan untuk meningkatkan kapasitas angkut komuter di jalur Montevideo-25 de Agosto sejauh 289 kilometer. Saat ini, AFE juga tengah mempertimbangkan pengoperasian kembali kereta penumpang dari Montevideo ke Sudriers sejauh 40,7 kilometer.   

Kereta api penumpang di Uruguay sendiri bisa dibilang "hidup segan mati tak mau". Kondisi jalur yang buruk, jumlah penumpang yang rendah, serta subsidi yang membengkak membuat kehidupan kereta penumpang di Uruguay bisa dibilang sekarat. Namun usaha untuk meningkatkan kapasitas angkut dilakukan sejak 2007. Rehabilitasi jalur, peremajaan armada, serta otomatisasi perlintasan sebidang dilakukan untuk menarik minat masyarakat serta menambah kenyamanan perjalanan kereta.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment