testimoni

testimoni

Lokomotif Uap Inggris Berhasil Tembus Kecepatan 100 MPH

Lokomotif uap A1 Tornado | Model Rail Forum

[13/4]. Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Mungkin itulah peribahasa yang cocok bagi lokomotif uap yang satu ini. Meski usianya tak lagi muda, namun performanya tak kalah dengan lokomotif-lokomotif modern. Ya inilah lokomotif Peppercorn class A1 alias Tornado. Lokomotif ini berhasil memecahkan rekor kecepatan mencapai 100 mil per jam atau sekitar 170 kilometer per jam dalam sebuah uji coba.

Uji coba ini dilakukan di Jalur Pesisir Timur Inggris dari Newcastle sampai Doncaster. Sebenarnya berdasarkan aturan, di jalur ini lokomotif uap kecepatannya hanya dibatasi sampai 75 mil per jam atau sekitar 130 kilometer per jam. Namun intensitas yang ada pada lokomotif ini mendorongnya mencapai kecepatan 90 mil per jam atau sekitar 145 kilometer per jam.

Speedometer lokomotif yang menunjukan kecepatan 100 mil per jam | ITV

Uji coba ini dilakukan untuk melihat aman atau tidaknya sebuah lokomotif uap digeber dengan kecepatan maksimal (100 MPH). Uji coba ini dilakukan dengan pengawasan teknisi industri perkeretaapian termasuk Perserikatan Lokomotif Uap A1 dan DB Cargo Rail and Network Rail. Dengan suksesnya uji coba ini diharapkan dapat menambah batas kecepatan lokomotif uap guna mengurangi antrean yang seringkali terjadi di Jalur Pesisir Timur Inggris ketika lokomotif uap beroperasi. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment