testimoni

testimoni

Mengenal Lebih Dekat Brigade Militer Kereta Api Russia

Brigade Kereta Api Russia saat menjalani simulasi perang | trains-railways.info

Apa yang terpikir di benak anda ketika mendengar kata "angkatan militer"? Pikiran anda pasti langsung merujuk pada 3 angkatan militer yang ada seperti Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Setiap angkatan militer pastinya memiliki kemampuan dan keahliannya masing-masing. Tapi pernahkah anda mendengar nama Brigade Militer Kereta Api?

Brigade militer tersebut mungkin agak terdengar asing di telinga anda. Beberapa negara pernah memiliki angkatan kereta api sebagai bagian dari militernya. Indonesia sendiri juga pernah memiliki militer kereta api yang kita kenal sebagai Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) yang pernah ada di era pra-kemerdekaan.

Namun saat ini, kebanyakan negara sudah tidak lagi memiliki brigade kereta api sebagai bagian dari militernya. Angkatan kereta api di beberapa negara sudah dibubarkan atau mungkin dilebur perusahaan kereta api nasionalnya. Tapi ada 1 negara yang masih mempertahankan brigade kereta apinya hingga hari ini. Ya inilah Brigade Kereta Api Negeri Beruang Merah, Russia atau Russian Railway Force.

Bendera Brigade Kereta Api Russia | AliExpress

Russia menjadi satu-satunya negara di dunia yang masih mempertahankan brigade militer kereta apinya dan bahkan masih aktif baik dalam situasi damai maupun perang. Brigade Kereta Api Russia berada di bawah Rear of The Armed Forces yang terpisah dari angkatan militer lainnya seperti Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara.

Bukan tanpa alasan mengapa Russia masih mempertahankan brigade kereta apinya. Mengamankan jalur kereta api di negara yang sebesar Pluto, di mana jalur tersebut melintasi hutan perawan yang bahkan belum pernah dijamah manusia dan penuh dengan hewan liar dan buas serta penjahat sangatlah beresiko jika hanya dilakukan oleh perusahaan kereta api. 

Brigade Kereta Api Russia dibentuk pada 6 Agustus 1851 oleh Tsar Nicholas I yang membuatnya menjadi brigade militer pertama di dunia yang dikhususkan untuk perkeretaapian. Banyak pertempuran telah dijalani oleh Brigade Kereta Api Russia baik di era Tsar Russia, Uni Soviet, hingga Federasi Russia saat ini.

Sebut saja Perang Krimea pada 1853, Perang Russo-Turks pada tahun 1887, January Uprising di Polandia tahun 1863, Perang Russo-Japanese tahun 1904, Perang Dunia I dan II, Invasi Cekoslovakia pada 1968, Perang Chenchen Pertama dan Kedua, Perang Soviet di Afghanistan, dan  Pertempuran Ossetia Selatan.  

Selain dibekali dengan kemampuan perang dan beladiri, para prajurit Brigade Kereta Api Russia juga dibekali dengan kemampuan perawatan jalan rel dan kereta api. Tugas utama Brigade Kereta Api Russia sebenarnya lebih difokuskan pada angkutan logistik perang menggunakan kereta api, serta pengamanan dan perawatan jalan rel baik saat perang maupun saat damai.

Kereta angkutan tank di Stasiun Gvardeyskoe di Krimea | elre-montenegro

Brigade Kereta Api Russia juga dibekali dengan kendaraan yang mungkin tidak dimiliki oleh angkatan militer lainnya seperti lokomotif, kereta penumpang, kereta inspeksi, gerbong, crane, mesin perbaikan jalan rel (MPJR), hingga panser rel.

Saat ini, Angkatan Kereta Api Russia beranggotakan 30.000 orang staff seperti masinis, teknisi, dan prajurit yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Oleg Kosenkov sejak 2010 hingga sekarang. Brigade ini masih sering melakukan latihan militer untuk mengasah kemampuan mereka saat harus menghadapi situasi genting.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
Trains-Railway.info
Wikipedia

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment