testimoni

testimoni

Monorail Kawasan Industri Cikarang Digarap 2019

Tokyo Monorail | Wikimedia

[22/4]. Cikarang. Ibukota Kabupaten Bekasi ini memang sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesar. Pembangunan kawasan industri di sana membuat pertumbuhan ekonomi di kawasan yang "dulunya" lumbung padi nasional itu semakin pesat. Sayangnya pertumbuhan ekonomi tersebut beriringan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor. Hal ini menyebabkan kemacetan yang seringkali menghambat aktifitas industri di sana.

Namun kini solusi alternatif telah hadir untuk menyelamatkan Cikarang dari kemacetan parah. Pemerintah Pusat berencana akan membangun monorail yang menghubungkan tujuh kawasan industri di Cikarang pada 2019 mendatang. Dilansir dari Pojoksatu, Kabid Prasarana Wilayah BAPPEDA Kabupaten Bekasi E.Y. Taufik mengatakan saat ini proyek monorail masih dalam tahap feasibility study (FS) yang dilakukan oleh BAPPENAS.

Taufik juga mengatakan beberapa tahun lalu BAPPENAS dan Pemerintah Jepang telah sepakat untuk membangun monorail untuk menghubungkan kawasan industri di Cikarang. Ketujuh kawasan industri yang akan dihubungkan menggunakan monorail ini diantaranya adalah Jababeka, Lippo Cikarang, MM2100, Delta Silicon, Hyundai, EJIP, dan Kota Deltamas sejauh 17 kilometer.

Tak hanya menghubungkan ketujuh kawasan tersebut. Nantinya jalur ini juga akan terintegrasi dengan jalur monorail Cikarang-Balaraja yang akan dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta serta LRT. Pembangunan jalur ini akan dibiayai oleh Pemerintah Jepang melalui Japan Transportation Planning Asociation (JTPA) sebesar Rp 21 triliun. Estimasinya monorail ini dapat mengangkut hingga 10.000 orang/jam sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.


RE Digest | Bayu tri Sulistyo 

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment