testimoni

testimoni

Rangkaian Tobu 70000 Pertama Diperlihatkan Kepada Publik

Rangkaian Tobu Railway seri 70000

[7/4]. Setelah sebelumnya Lintas Tokyo Metro Hibiya kedatangan armada baru yakni Tokyo Metro seri 13000. Kini mereka kedatangan adiknya 13000 namun berbeda rumah yakni Tobu Railway seri 70000. Kedatangan KRL baru Tobu Railway ini merupakan bagian dari rencana pembaharuan armada yang dilakukan Tobu Railway.

Sepintas bentuk KRL Tobu Railway 70000 ini terlihat sama seperti kakaknya Tokyo Metro 13000. Ya maklum namanya juga sepabrik. Hal yang membedakan kedua rangkaian ini hanyalah bentuk lampu dan liverynya saja. Jika pada Tokyo Metro 13000 berbentuk trapesium simetris, pada Tobu Railway 70000 bentuknya trapesiun agak bulat.

Selain itu wajah Tobu Railway 70000 berbentuk sedikit lebih cembung ketimbang Tokyo Metro 13000. Liverynya pun berbeda. Jika pada Tokyo Metro 13000 warnanya silver, maka pada Tobu 70000 liverynya berwarna merah dan hitam sebagai penanda rangkaian ini berdinas di Tobu Skytree Line.

Tobu Railway 70000 disandingkan dengan Tokyo Metro 13000

Setelah kita melihat bagian luarnya, kini kita akan masuk ke dalam kereta. Interior Tobu Railway 70000 ini sama persis seperti Tokyo Metro 13000. Yang membedakan hanya warna bangku dan lantainya saja. Jika pada Tokyo Metro 13000 bangku dan lantainya berwarna hitam, pada Tobu Railway 70000 bangkunya berwarna merah serta lantainya berwarna putih. Display LCD ditempatkan di atas pintu serta terdapat ruang khusus kursi roda di pojok kereta.

Seperti halnya Tokyo Metro 13000, panjang kereta Tobu 70000 menggunakan panjang standar yakni 20.000 milimeter bukan lagi 18.000 milimeter seperti pendahulunya Tobu Railway seri 20000. KRL ini menggunakan teknologi VVVF-IGBT dengan motor traksi buatan Mitsubishi Heavy Industry seperti kakaknya.

Interior Tobu 70000
Ruang kursi roda di pojok rangkaian
Display LCD yang ditempatkan di atas pintu

Rencananya sebanyak 21 unit atau 3 set KRL akan diproduksi untuk sementara ini di mana 1 setnya terdiri atas 7 kereta. KRL ini rencananya akan menggantikan Tobu Railway seri 20000 yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun lamanya di Jalur Tobu Skytree dan diproduksi bersama dengan Tokyo Metro 13000.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment