testimoni

testimoni

Ratusan Railfans Lepas Kepergian Shinkansen E2

Para railfans yang melepas kepergian Shinkansen E2
Sankei

[5/4]. Ratusan railfans dari berbagai usia dan latar belakang berkumpul di Stasiun Nagano pada 21 Maret lalu untuk melepas kepergian Shinkansen E2 yang sudah mengabdi selama 20 tahun lamanya. Para railfans yang datang dai berbagai wilayah di Nagano berkumpul untuk melihat secara langsung perjalanan terakhir dari Shinkansen E2 di Lintas Hokuriku Shinkansen.

Perjalanan terakhir yang dilayani oleh Shinkansen E2 ini adalah Hokuriku Shinkansen Asama 656 pemberangkatan Nagano pukul 16.45, Asama 658 pukul 17.42 dan Asama 655 pukul 21.48 pemberangkatan dari Tokyo. Banyak dari mereka yang datang dengan membawa kamera bahkan beberapa diantara mereka yang membawa papan ataupun kertas bertuliskan "sayonara E2". Tak lupa beberapa dari mereka berfoto bersama E2 sebelum dia pergi.

Seorang railfans saat berfoto bersama Shinkansen E2
Sankei

Kyoko Shinmura seorang railfans berusia 29 tahun dan sudah memiliki 2 anak ini mengaku merasa sedih dengan kepergian Shinkansen E2. Karena semasa kuliah, dia sering bolak-balik Nagano-Tokyo menggunakan Shinkansen E2 sehingga hal itu menciptakan kenangan tersendiri baginya. Tak hanya railfans senior seperti Shinmura yang merasa sedih. Yukon Matsushita railfans berusia 8 tahun yang saat ini duduk di bangku kelas 2 SD pun merasa sedih dengan kepergian Shinkansen E2.

Kereta pun berangkat. Sorakan "sayonara" menyeruak di seluruh stasiun. Kereta perlahan berjalan meninggalkan para railfans di stasiun. Tak lupa mereka mengabadikan keberangkatan terakhir Shinkansen E2 menggunakan kamera yang mereka miliki. 

Shinkansen E2 pertama kali beroperasi pada Maret 1997 di Jalur Tohoku Shinkansen. Sedangkan di Nagano, Shinkansen E2 baru beroperasi pada 2002 setelah Dipo Nagano mendapatkan transfer rangkaian E2 dari Tohoku Shinkansen. Shinkansen ini beroperasi di 2 jalur yakni Tohoku Shinkansen dengan formasi 10 kereta dan Hokuriku Shinkansen dengan formasi 8 kereta.

Shinkansen E2 pernah diekspor ke Tiongkok dan diganti nama menjadi CRH2 pada 2001. Shinkansen E2 memang telah berhenti beroperasi di jalur Hokuriku Shinkansen, namun di jalur Tohoku dan Joetsu Shinkansen rangkaian masih beroperasi dengan formasi 10 kereta. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment