testimoni

testimoni

Sumarsono: Ada Wacana Kereta Transjakarta

Bus Transjakarta saat berhenti di Halte Pasar Baru

[10/4]. Kita semua terutama warga Jakarta pasti tahu yang namanya Transjakarta. Ya operator bus BRT di ibukota ini namanya terkenal ke seantero Bangsa Indonesia. Jaringan BRT Transjakarta sendiri bisa dibilang salah satu yang terpanjang di dunia yakni mencapai 230 kilometer dengan 13 koridor utama yang mengelilingi Kota Jakarta.

Namun kini muncul wacana baru di mana Transjakarta tak hanya mengoperasikan bus BRT saja, melainkan juga kereta api. Dilansir dari Kompas.com, PLT Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono mengatakan ada wacana untuk Transjakarta mengoperasikan kereta api. Sumarsono mengatakan wacana ini muncul setelah Pemerintah Pusat meminta Pemprov DKI Jakarta menyediakan 5 set kereta.

Sumarsono sendiri mengatakan harga 6 set kereta ini tidaklah terlalu mahal, namun dirinya menekankan namanya harus "Kereta Transjakarta". Dia juga mengatakan wacana ini baru ide awal dan masih belum ada pembahasan lebih lanjut mengenai wacana ini sendiri. Masih diperlukan kajian lebih lanjut mengenai rencana ini serta harus dirancang business plannya.

Sektretaris Provinsi DKI Jakarta Saefullah mengatakan pembelian 6 set kereta tersebut diperlukan dana sekitar Rp 360 miliar. 1 set kereta Transjakarta tersebut terdiri atas 6 kereta yang itu artinya 1 unit kereta dibeli dengan harga Rp 6 miliar. Namun Saefullah mengatakan rencana pembelian tersebut belum masuk dalam APBD 2017 karena Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) harus melakukan lelang terlebih dahulu.

Namun dirinya mengatakan tak menutup kemungkinan pembelian 6 set kereta ini dapat dimasukan dalam APBD Perubahan ataupun di APBD 2018. Saefullah juga mengatakan kalau rangkaian kereta yang dibeli oleh Pemprov ini tak hanya dapat digunakan untuk operasional kereta bandara, namun juga dapat digunakan untuk operasional Commuter Line meskipun belum ada perjanjian antara pihak Pemprov DKI dengan PT KAI ataupun KCJ.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment