testimoni

testimoni

Uji Coba Rudal Korea Utara, Operasional Kereta Api Jepang Tertunda

Hokuriku Shinkansen | Getty Images


[29/4]. Uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara pada hari ini membuat sejumlah negara tetangga menjadi takut dan was-was. Pasalnya sewaktu-waktu rudal yang diujicobakan bisa mendarat di negara mereka tanpa diprediksi. Tak terkecuali Jepang. Jepang begitu dimusuhi oleh Korea Utara akibat dendam lama saat Perang Dunia II serta kedekatannya dengan Amerika Serikat.

Uji coba rudal dilakukan sempat membuat sejumlah aktifitas di negara-negara tetangga Korut berhenti sementara. Termasuk perjalanan kereta api. Pada pagi hari tadi sejumlah operasional perjalanan kereta api di Jepang dihentikan sementara sebagai dampak dari uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara.

Dilansir dari Asahi, operasional Hokuriku Shinkansen, Tokyo Metro, dan Tobu Railway sempat dihentikan 10 menit lamanya. Ini adalah kali pertama uji coba rudal Korea Utara mempengaruhi perjalanan Hokuriku Shinkansen. Menurut Kantor Cabang JR West di Kanazawa, perjalanan Hokuriku Shinkansen dihentikan di petak antara Stasiun Kanazawa dan Joetsu Myoko setelah JR West menerima peringatan dari pemerintah melalui sistem J Alert. 

Perlu diketahui J Alert adalah sistem peringatan dini untuk bencana alam dan serangan yang dikembangkan oleh pemerintah Jepang. Setelah menerima peringatan, JR West pun langsung mengeluarkan maklumat untuk menghentikan perjalanan Hokuriku Shinkansen. Perjalanan dihentikan mulai pukul 6.18 hingga pukul 6.28 waktu Jepang.  

Petugas pelayanan kereta (PPK) di Jalur Tokyo Metro Ginza | Japan Times
Tak hanya operasional Shinkansen, operasional Tokyo Metro pun terhenti sementara akibat uji coba rudal Korea Utara ini. Operasional Tokyo Metro terhenti mulai pukul 6.17 hingga 6.27 waktu Jepang. Akibatnya sekitar 13.000 penumpang terganggu perjalanannya. Penghentian juga terjadi di Jalur Tobu Tojo milik Tobu Railway dari pukul 6.07 hingga 6.17.

Dilansir dari BBC Indonesia, Korea Utara kembali melakukan uji coba rudal balistik di Provinsi Pyeongan Selatan pada Sabtu dini hari. Dalam pemantauan yang dilakukan oleh militer Korea Selatan terpantau uji coba rudal balistik tersebut gagal. Uji coba ini membuat situasi di Semenanjung Korea semakin memanas.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment