testimoni

testimoni

Beginilah Tampilan Rail Library

KRD Rail Library hasil modifikasi Balai Yasa Pengok | Tribunnews

[24/5]. Setelah meluncurkan 3 set Rail Clinic. PT KAI kembali memperlihatkan satu lagi modifikasi nirfaedah dari KRD MCW 302 yakni Rail Library alias kereta perpustakaan. KRD Rail Library ini merupakan hasil modifikasi dari KRD MCW 302 yang sebelumnya beroperasi sebagai Kereta Komuter Surabaya-Lamongan (SuLam).

Proses modifikasi KRD eks. SuLam menjadi Rail Library sudah dilakukan sejak Februari 2017 lalu. Saat ini baru satu kereta Rail Library yang telah selesai dimodifikasi oleh Balai Yasa Pengok. Sepintas terlihat tak ada perbedaan yang mencolok antara Rail Library dengan Rail Clinic 2 dan 3. Bagian wajah serta livery yang digunakan pun sama. Yang membuatnya terlihat berbeda hanyalah tulisan "Rail Library" yang berada di atas jendela kabin depan.

Kereta pertama dari Rail Library ini telah menjalani uji coba kecil di sekitar Balai Yasa Pengok pada 19 Mei lalu. Nantinya satu set Rail Library ini terdiri dari 2 KRD. Rangkaian Rail Library ini tidak dioperasikan sendirian, nantinya rangkaian Rail Library ini akan digabungkan dengan rangkaian Rail Clinic 4 yang saat ini sedang dalam tahap pengerjaan.

KRD Rail Library saat menjalani uji coba di sekitar Balai Yasa Pengok | picture by: Muhaimin Get Freedom

Rail Library nantinya akan dilengkapi dengan banyak koleksi buku, terutama buku tentang perkeretaapian, serta ruang belajar supaya pengunjung bisa belajar mengenai perkeretaapian Indonesia. Konsep yang diusung oleh Rail Library ini sama seperti Kereta Pustaka yang diluncurkan pada Juli 2011 lalu dan saat ini disimpan di Museum Kereta Api Ambarawa.

baca juga: Kereta Pustaka Telah Tiba di Museum Ambarawa


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment