testimoni

testimoni

People Mover Soekarno Hatta Tiba di Jakarta

People Mover Bandara Soekarno Hatta saat tiba di Pelabuhan Tanjung Priok | picture by: Adriansyah Yasin Sulaeman

[24/5]. Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya kita semua bisa melihat rupa nyata dari people mover yang akan beroperasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Rangkaian pertama people mover ini tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada pagi hari tadi. Setibanya di Jakarta, people mover ini langsung dinaikkan ke atas truk dan kemudian diangkut menuju Bandara Soekarno-Hatta.

Pada saat sampai, rangkaian people mover ini ditutupi oleh terpal plastik untuk melindunginya dari air laut sepanjang perjalanannya dari Korea Selatan ke Indonesia. Rangkaian diangkut ke Basoetta menggunakan 2 truk trailer. Kedua kereta people mover ini tiba di Bandara Soekarno Hatta pada sore hari. Setibanya di sana, keduanya diturunkan dari truk dan langsung dinaikkan ke jalurnya menggunakan crane.

Rangkaian people mover saat dinaikkan ke jalurnya | picture by: Adriansyah Yasin Sulaeman

Rangkaian yang tiba adalah 2 unit people mover dengan nomor seri Kemenhub K1 2 17 01 dan K1 2 17 02. Sepintas people mover yang digunakan oleh Angkasa Pura II ini terlihat sama seperti purwarupa Metro Kapsul yang rencananya akan dioperasikan di Kota Bandung karena sama-sama menggunakan ban karet sebagai penggerak utamanya dan menggunakan sistem Automatic Train Operation (ATO). Namun ada sejumlah hal yang membedakan people mover Basoetta ini dengan Metro Kapsul Bandung.


Jika Metro Kapsul Bandung dibuat oleh PT Teknik Rekayasa Kapsul yang bermarkas di Sumedang, people mover Basoetta ini dibuat oleh pabrikan kereta api asal Korea Selatan, Woojin. Selain itu, jika Metro Kapsul Bandung menggunakan tenaga listrik yang diambil dari rel ketiga (third rail) menggunakan sepatu listrik. Pada people mover basoetta tenaga penggeraknya menggunakan diesel elektrik alias KRDE.

People mover ini rencananya akan mulai beroperasi di jalur tahap pertama yang menghubungkan Terminal 2 dengan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada musim mudik tahun ini untuk mengakomodasi pemudik yang akan menggunakan pesawat dari Basoetta.

baca juga: Juni, People Mover Basoetta Beroperasi


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment