testimoni

testimoni

Stasiun Subway Tiongkok Ini Dibangun di Antah Berantah

Stasiun Subway Caojiawan yang dibangun di antah berantah | Brilio

[13/5]. Stasiun subway. Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kalimat tersebut. Stasiun kereta bawah tanah nan ramai penumpang, melintas di tengah padatnya perkotaan, serta berada di tempat yang padat penduduk. Ya biasanya kita melihat stasiun subway berada di tengah permukiman atau perkantoran padat di kota besar.

Namun apa jadinya jika stasiun subway tersebut berada di tempat yang bisa dibilang antah berantah? Ya inilah Stasiun Subway Caojiawan yang berada di Jalur Chongqing Metro Line 6, Tiongkok. Stasiun subway ini lain dari yang lain karena dibangun di tempat yang antah berantah bahkan tidak ada satupun penduduk yang tinggal di situ.

Pintu keluar Stasiun Caojiawan yang menghadap tebing | Brilio

Entah apa maksud dan tujuannya stasiun subway ini dibangun di antah berantah. Namun keberadaan stasiun ini sempat viral dan menghebohkan jagat maya di Tiongkok. Lokasinya yang aneh dan unik membuatnya menjadi viral dan terkenal. Bahkan banyak orang yang datang ke sini hanya karena penasaran dengan keberadaan stasiun ini.

Meski berada di tempat yang antah berantah, namun fasilitas yang ada di stasiun ini cukup lengkap. Mulai dari loket, gate, eskalator, hingga petugas yang berjaga selayaknya stasiun pada umumnya. Bagian dalam stasiun pun terlihat sangat megah seolah-olah stasiun ini adalah stasiun besar yang banyak disinggahi penumpang. Jangan berharap ada kepadatan penumpang ketika peak hour karena tak ada seorang pun yang naik dan turun di stasiun ini. 

Suasana peak hour di Stasiun Caojiawan | Brilio

Mesin gate yang aktif di Stasiun Caojiawan | CGTN

Petugas yang berjaga di Stasiun Caojiawan | Brilio

Ketika anda keluar dari stasiun ini, jangan berharap anda menemukan angkutan umum penyambung moda, bahkan permukiman penduduk pun tidak ada. Hanya ada padang rumput gersang serta tebing-tebing kapur di sisi stasiun. Jika anda tidak percaya, cobalah cari lokasi stasiun ini di Google Maps dan anda tidak akan menemukan stasiun ini.

Sebenarnya stasiun ini memiliki 3 pintu keluar. Namun hanya 1 yang bisa digunakan karena 2 lainnya dibangun menghadap tebing sehingga tidak bisa digunakan. Stasiun Caojiawan sendiri dibangun pada 2015. Stasiun ini sendiri berada di Chongqing Metro Line 6 percabangan Lijia-Beibei. Pembangunan stasiun di lokasi yang salah membuat stasiun ini sepi dan tak seorang pun naik dan turun di stasiun ini.  


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment