testimoni

testimoni

General Electric Akan Pasok Lokomotif C20EMP Untuk Pakistan Railways

Perwakilan dari General Electric dan Pakistan Railways menandatangani kerjasama pengadaan lokomotif diesel elektrik baru | Foto: General Electric
[17/06] - General Electric dan Pakistan Railways tidak lama ini baru saja meneken kesepakatan kerjasama pengadaan lokomotif baru, di mana pihak General Electric akan menyediakan 20 lokomotif diesel elektrik baru untuk memenuhi kebutuhan Pakistan Railways di lintas pegunungan utara Pakistan.

Seperti dikutip dari situs resmi General Electric, ke-20 lokomotif tersebut didesain mempunyai daya sekitar 2.000HP dengan sistem traksi AC/DC dan bobot yang lebih ringan untuk mengoptimalisasi performanya di lintas pegunungan. Lokomotif ini dirancang untuk menjadi lokomotif serbaguna yang dapat secara optimal digunakan untuk menarik rangkaian kereta penumpang dan gerbong barang. Direncanakan lokomotif ini akan ditugaskan di lintas antara Karachi dengan Lahore sebagai tahap awal, sebelum kemudian juga akan didinaskan di wilayah Peshawar dan Quetta. Meski lokomotif ini adalah lokomotif serbaguna, tetapi direncanakan tugas utamanya adalah sebagai angkutan barang berupa minyak dan batubara untuk mendukung perekonomian di Faisalabad dan Multan.

Lokomotif diesel elektrik untuk Pakistan Railways ini sesuai keterangan pihak General Electric akan dibuat dengan basis varian C20EMP dengan mesin GE FDL. Merasa familiar? Tentu saja, karena varian GE C20EMP bermesin FDL juga digunakan di Indonesia sebagai CC 204 kelompok kedua yang telah beroperasi sejak tahun 2008 dan saat ini berada di wilayah Sumatera sebagai penarik KA barang setelah sebelumnya menjadi jenis lokomotif yang kerap digunakan untuk menarik KA kelas Bisnis dan Eksekutif.
Varian GE C20EMP di Indonesia, CC 204 angkatan kedua. Varian ini juga yang akan digunakan Pakistan meski dalam bentuk yang tentunya berbeda | Foto: Sakurai Midori
Mengutip dari pernyataan Khawaja Saad Rafique, Menteri Perkeretaapian Pakistan, pembelian lokomotif jenis baru ini diharapkan dapat mendukung cita-cita pengembangan transportasi di negara tersebut sesuai dengan rencana Vision 2025. 

Sebelumnya, Pakistan juga telah meneken kerjasama dengan General Electric untuk pengadaan 55 lokomotif seri Evolution pada tahun 2015, di mana pada saat ini sudah ada 32 lokomotif jenis tersebut yang ada di Pakistan. Dengan disepakatinya kerjasama ini, maka makin eratlah hubungan Pakistan dan General Electric yang sudah mesra selama sekitar tiga dekade lamanya.

Sumber

Ikko Haidar Farozy | RE Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment