testimoni

testimoni

KA Class 802 Buatan Hitachi Telah Tiba di Inggris

Rangkaian pertama Class 802 tiba di Southampton | Foto: Plymouth Herald
[20/06] - Sesuai dengan komitmen berbagai perusahaan perkeretaapian di Inggris untuk meremajakan armada kereta kecepatan tingginya dengan kereta-kereta seri baru, pengadaan armada KA kecepatan tinggi Class 800 dan 802 bertenaga diesel dan listrik serta Class 801 yang bertenaga listrik semakin gencar. Salah satu buktinya adalah ketibaan rangkaian pertama KA Class 802 di Inggris tidak lama ini.

Seperti yang dilansir dari Plymouth Herald, rangkaian KA ini tiba di Pelabuhan Southhampton pada Sabtu pagi tanggal 17 Juni waktu setempat. Kedatangan rangkaian pertama ini disambut baik oleh pihak Great Western Railways, Hitachi, dan Eversholt Rail yang mendanai pengadaan kereta seri baru ini.

Rangkaian dengan nomor 802 001 ini adalah rangkaian pertama dari tiga rangkaian yang dipesan oleh dalam rangka ujicoba untuk mempersiapkan layanan reguler yang rencananya akan dilaksanakan mulai musim panas tahun 2018, di mana KA kelas ini akan dioperasikan di lintas Devon dan Cornwall dengan operator Great Western Railways. Secara keseluruhan, akan ada 36 rangkaian yang akan dioperasikan Great Western Railways di mana tiga rangkaian pertama akan dibuat di Jepang dan sisanya akan dibuat di Italia. 

Armada baru ini dilengkapi dengan teknologi canggih Hitachi yang sudah lama diterapkan pada KA kecepatan tinggi Shinkansen, yang diharapkan dapat meningkatkan keandalan armada, kapasitas, serta kecepatan tempuh yang memungkinkan waktu tempuh yang lebih singkat. Fasilitas baru yang akan ada antara lain adalah layar status reservasi kursi serta informasi perjalanan yang diperbarui secara real-time.

Selain itu, sistem tenaga yang digunakan KA Class 802 adalah sistem ganda diesel dan listrik seperti Class 800 yang memungkinkan rangkaian ini untuk berjalan di lintas yang tidak dilengkapi LAA, dikarenakan elektrifikasi di Inggris yang terbatas. Akan tetapi, KA Class 802 mempunyai mesin yang bertenaga lebih besar serta kapasitas tangki bahan bakar untuk mesin diesel yang lebih besar pula dikarenakan medannya yang lebih sulit dari medan yang akan dilalui KA Class 800.

Mengutip pernyataan Mark Hopwood, Managing Director di Great Western Railways, kedatangan KA Class 802 ini menandakan satu lagi langkah penting dalam peningkatan kualitas penumpang di Great Western dan diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dan frekuensi layanan dan menurunkan waktu tempuh.

Baca Juga: Ribuan Railfans Melepas KA Buatan Hitachi ke Inggris

Sumber

Ikko Haidar Farozy | RE Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment