testimoni

testimoni

KA Walahar Ekspres Ditabrak Mobil Hingga Terbakar

Rangkaian KA Walahar yang terbakar | Foto: Istimewa
[13/06] - Sudah berapa kali diingatkan untuk senantiasa berhati-hati di perlintasan, tetapi juga sudah berapa kali juga peringatan ini diabaikan, padahal dalam waktu yang berdekatan sudah tidak sedikit terjadi kecelakaan kereta api ditabrak kendaraan akibat kelalaian pengendara. Eh... Tau-tau ada kejadian serupa lagi, dan kali ini jauh lebih parah.

Seperti yang dilansir dari CNN Indonesia, pada Selasa sore tadi pukul 17.03 terjadi lagi kecelakaan yang melibatkan tabrakan antara kereta api dan kendaraan jalan raya. Kejadian kali ini melibatkan KA 322A Walahar Ekspres yang dikenal sebagai KA Lokal Purwakarta relasi Tanjung Priok-Purwakarta dan dua unit kendaraan yaitu mobil Avanza dan truk boks di Perlintasan di wilayah Pasar Gaplok, di antara Stasiun Pasar Senen dan Gang Sentiong, dengan informasi serupa juga disampaikan oleh TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter resmi mereka. Peristiwa bermula ketika kedua kendaraan yang sedang terjebak di perlintasan tersebut tidak dapat meloloskan diri sehingga kemudian bertabrakan dengan KA. 

Sontak mobil Avanza yang saat itu nyaris lolos tersambar kereta dan kemudian terpelanting dan mengalami kerusakan sedang, akan tetapi truk boks di belakangnya bertabrakan hebat dengan KA dan kemudian masuk ke kolong kereta sebelum kemudian meledak dan terbakar. Akibatnya fatal, tidak hanya truk boks tersebut yang terbakar, lokomotif CC 201 92 15 milik Dipo Induk Jatinegara dan kereta penumpang K3 0 66 40 milik Dipo Kereta Jakarta Kota juga ikut terbakar. Kerusakan terparah dialami oleh K3 0 66 40 yang habis terbakar akibat tersambar api dari bangkai mobil yang tersangkut di kolong kereta, sementara lokomotif CC 201 92 15 mengalami kerusakan sedang akibat terjilat api. 
Kondisi K3 0 66 40 yang terbakar hebat | Foto: Arif Setiawan
Tidak hanya itu juga, seperti yang dikatakan oleh Humas PT KCJ Eva Chairunnisa di Liputan 6 News, listrik aliran atas di antara Jatinegara-Kemayoran terpaksa dimatikan demi keselamatan perjalanan dan memperlancar evakuasi rangkaian kereta yang terbakar. Akibatnya, hingga sampai berita ini dirilis, KRL Bogor-Jatinegara hanya bisa melakukan perjalanan sampai Stasiun Kampung Bandan, sedangkan KRL Jakarta Kota-Bekasi melalui Kemayoran-Pasar Senen harus berbalik arah ke Jakarta Kota untuk pengalihan rute. Tidak hanya KRL Commuter Line saja yang terganggu, tercatat KA 215 Serayu Pagi juga terpaksa berputar dari Jatinegara melalui Manggarai-Tanah Abang untuk mencapai Stasiun Pasar Senen, sementara pemberangkatan KA lainnya dari Pasar Senen menggunakan sepur kiri hingga Stasiun Jatinegara. 

Proses pemadaman api telah selesai sekitar pukul 17.45 dengan bantuan pemadam kebakaran. Tidak ada korban jiwa dari pihak KA Walahar Ekspres, sementara dari pihak kendaraan ada dua orang meninggal akibat kejadian ini. 
Bangkai mobil sedang dalam proses evakuasi | Foto: TMC Polda Metro Jaya
Semoga saja kejadian ini sudah benar-benar dapat menjadi shock therapy bagi kita semua. Kita tidak menginginkan sesuatu seekstrem Bintaro II terjadi lagi bukan?

Sumber

Ikko Haidar Farozy|RE Digest

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment