testimoni

testimoni

Kereta Mewah Twilight Express Mizukaze Resmi Beroperasi

Twilight Express Mizukaze saat diberangkatkan dari Stasiun Osaka

[18/6]. Setelah sebelumnya JR East meluncurkan kereta mewah Train Suite Shiki-Shima pada 1 Mei lalu, kini giliran JR West meluncurkan kereta mewah mereka. JR West meluncurkan kereta mewah Twilight Express Mizukaze pada Sabtu kemarin. Peluncuran Twilight Express Mizukaze dilakukan di Stasiun Osaka.

Peluncuran ini ditandai dengan diberangkatkannya Twilight Express Mizukaze dari Osaka. Peluncuran ini juga dihadiri oleh duta Mizukaze yang juga seorang musisi ternama asal Jepang, Taro Kase. Kereta mewah Twilight Express Mizukaze mengambil konsep nostalgia dengan kereta malam Twilight Express yang pernah beroperasi dari Osaka sampai Sapporo pada dekade 80'an hingga 2015.

Twilight Express Mizukaze saat beroperasi 

Satu set Twilight Express Mizukaze terdiri atas 10 kereta yang terdiri atas kereta tidur, kereta makan, serta kereta pemandangan yang berada di akhir rangkaian lengkap dengan balko di ujung kereta. Saat beroperasi, Twilight Express Mizukaze ditarik oleh lokomotif EF 81 44 yang liverynya disamakan seperti EF 81 103 yang dahulu pernah menarik rangkaian Twilight Express semasa masih beroperasi.

Untuk melihat seperti apa kemewahan Twilight Express Mizukaze ini, mari kita lihat ke dalam kereta. Yang pertama kita lihat adalah kereta tidurnya. Ada 3 pilihan kamar yang ditawarkan oleh Twilight Express Mizukaze, yakni Royal Single, Royal Twin, dan The Suite. Untuk Royal Single dan Twin hampir tidak ada perbedaan fasilitas dan desain interior. Hanya kasurnya saja yang berbeda.

Royal Single menggunakan kasur tingkat sedangkan Royal Twin menggunakan 2 spring bed. Interior Royal Single dan Twin didominasi oleh ornamen kayu yang membuatnya terasa adem dan menonjolkan kesan tradisional. Keduanya juga dilengkapi dengan ruang sofa dan kamar mandi dengan shower.

Kamar tidur Royal Twin dengan kasur spring bed

Kamar tidur Royal Single yang menggunakan kasur tingkat

Kamar mandi Royal Twin dan Royal Single

Jika anda ingin merasakan nuansa VIP di kereta ini, anda dapat mencoba kamar tidur The Suite. Berbeda dengan Royal Single dan Double yang masih harus berbagi kereta. The Suite menggunakan 1 kereta yang dikhususkan untuk kamar ini sendiri. Kasur yang digunakan adalah 1 kasur spring bed yang dapat diisi 2 orang.

Selain kasur spring bed, kereta The Suite ini juga dilengkapi dengan meja makan dan ruang tamu. Selain itu, kamar mandinya pun cukup besar dan dilengkapi dengan bathub. Interior yang didominasi warna putih membuat suasana di kereta The Suite terasa lebih mewah dan elegan persis seperti hotel bintang 5.

Kasur yang digunakan kereta The Suite

Meja makan dan ruang tamu kereta The Suite

Kamar mandi kereta The Suite

Setelah melihat-lihat kereta tidur, kini kita bergeser ke kereta makan. Interior kereta makan di Twilight Express Mizukaze terlihat seperti restoran di hotel bintang 5 dengan lantai karpet, tirai berwarna coklat, serta lampu redup yang membuat suasana terasa mewah dan romantis. Selain itu, dapur di kereta makan ini dibuat terbuka sehingga penumpang bisa melihat secara langsung proses memasak yang dilakukan oleh para koki kereta.

Suasana kereta makan 

Dapur kereta yang terbuka

Setelah kereta makan, kini kita akan melihat suasana kereta pemandangan. Ada 2 tipe kereta pemandangan yakni Rui-Kaze dan Rui-Like. Di Rui-Kaze anda dapat duduk di kursi sembari melihat pemandangan melalui jendela yang lebar dan luas. Selain itu, Rui-Kaze anda dapat berdiri di balkon yang berada di ujung kereta. Ingin melihat pemandangan dengan suasana sebagai seorang masinis? Anda bisa naik ke kabin masinis yang berada di atas balkon.

Sedangkan kereta pemandangan Rui-Like lebih terlihat seperti ruang santai. Rui-Like juga dilengkapi dengan bar yang menyediakan varian wine yang dapat anda pesan sesuai keinginan anda.

Interior kereta pemandangan Rui-Kaze

Kabin masinis yang berada di atas balkon


Suasana kereta pemandangan Rui-Like

Bar di kereta pemandangan Rui-Like

Bagi anda yang berkeinginan untuk mencoba menaiki kereta Twilight Express Mizukaze ini sepertinya anda harus jual motor atau kalau kurang bisa jual ginjal. Tarifnya berkisar JPY 270.000 atau sekitar IDR 32,5 juta untuk perjalanan selama 2 hari dan JPY 1,2 juta atau sekitar IDR 144 juta. Meski harganya selangit, namun pemesanan perjalanan Twilight Express Mizukaze ini sudah penuh hingga September mendatang.

baca juga: Bulan Depan, Kereta Mewah Twilight Express Mizukaze Diluncurkan


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo
  

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment