testimoni

testimoni

Mulai 17 Juli, Krakatau Ekspres Tidak Lagi ke Merak

KA Krakatau

[19/6]. Ada kabar sedih bagi anda warga Banten atau yang sering bepergian menggunakan KA Krakatau untuk menuju Merak. Mulai Senin, 17 Juli 2017 mendatang, relasi KA Krakatau diperpendek dari yang sebelumnya Blitar-Kediri-Pasar Senen-Tanah Abang-Rangkasbitung-Merak menjadi hanya sampai Pasar Senen saja.

Hal itu bisa dilihat di website PT KAI. Pada pemesanan tiket KA Krakatau mulai 17 Juli, tidak ada perjalanan Krakatau sampai Merak. Perjalanan berakhir hanya sampai Pasar Senen. Pemotongan rute ini dilakukan akibat rendahnya okupansi penumpang KA Krakatau ke Merak. Sebenarnya okupansi penumpang Krakatau dari Merak ke Tanah Abang maupun Pasar Senen bisa dibilang cukup baik bahkan seringkali kursi terisi penuh.

Di website PT KAI tak ada lagi perjalanan KA Krakatau untuk pencarian Pasar Senen-Merak

Namun hal sebaliknya terjadi bila anda naik KA Krakatau dari Pasar Senen maupun Tanah Abang ke Merak. Mayoritas bangku kosong bahkan terkadang hanya membawa sedikit penumpang. Mungkin hal itu dikarenakan jadwal KA Krakatau dari Pasar Senen ataupun Tanah Abang ke Merak yang diberangkatkan pada dini hari sehingga tidak banyak penumpang yang naik.

Dengan dipotongnya perjalanan KA Krakatau yang hanya sampai Pasar Senen ini tentunya akan sedikit menyulitkan bagi mereka yang hendak menuju Merak dari Jakarta dan timur Pulau Jawa maupun yang dari Sumatera dan hendak menuju Jakarta maupun timur Jawa. Pasalnya KA Krakatau merupakan pilihan tercepat dari Merak menuju Jakarta semenjak Kalimaya dihapus pada 1 April lalu dan merupakan satu-satunya KA yang melayani perjalanan dari Merak langsung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penumpang dari Merak yang hendak menuju Jakarta maupun timur Pulau Jawa terpaksa harus naik kereta lokal sampai Rangkasbitung dan meneruskan perjalanan menuju Jakarta menggunakan Commuter Line. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. Mas Bayu, kalau KA Krakatau sudah tidak sampai Sta Merak lagi, berarti rekor KA dengan jarak tempuh terjauh mungkin salah satu diantaranya KA BIMA atau KA Gajayana. Cuma, yang pasti jarak tempuh KA Brantas akan lebih pendek dari KA Matarmaja kalau sama2 via Solo dan Semarang dan KA Krakatau (lewat jalur selatan, mirip KA Gajayana),........mungkin.

    ReplyDelete
  2. kalau bisa tolong dipertahankan untuk kereta krakatau, atau diberi alternatif kereta api yang akan ke jawa sampai stasiun tanah abang, agar pnumpang tidak terlalu jauh untuk ganti keretanya

    ReplyDelete
  3. Bagaimana kalau relasi KA Krakatau diubah dari Sta Merak ke Sta Banyuwangi Baru via Pantura (Cirebon, Semarang, Surabaya, Probolinggo) meniru keberhasilan jalan raya dari Anyer ke Panarukan, atau sebaliknya. Sta2 KA itu juga sama2 berdekatan dengan Pelabuhan Kapal Feri.

    ReplyDelete