testimoni

testimoni

"The Bull Moose Special", Sebuah Kisah Berdarah

Bull Moose Special | Sumber foto: Blaire Mountain Reenactment Society  
Hari yang cerah di Paint Creek. Namun 100 tahun yang lalu tidak ada hari cerah, hanya ada letupan senapan, mungkin Springfield atau Winchester yang pasti diikuti jeritan kesakitan, hitam legam batubara dan dengusan lokomotif kereta lapis baja yang membelah Kanawha County.
 1912, West Virginia menjadi salah satu tempat paling berdarah di Amerika Serikat. Suatu ketika pihak operator tambang menolak tuntutan Serikat Penambang di dekat Charleston untuk menaikkan upah, pihak penambangpun melancarkan aksi mogok kerja, protes dimana-mana, demonstrasi tiada henti. Pecahlah peristiwa yang dikenal sebagai "Paint Creek-Cabin Creek Strike".

Mogok kerja pertama terjadi pada tanggal 18 April 1912 di pertambangan Cabin Creek dan titik-titik pertambangan yang belum menjadi anggota Serikat Penambang. Karena keadaan ekonomi lambat laun pengakuan terhadap Serikat Penambang sebagai badan yang menaungi suara mereka kepada pihak operator tambang menjadi fokus dari para pemogok.

Beberapa bulan setelah aksi dimulai tepatnya pada 7 Pebruari tahun 1913, serangkaian kereta api melintas di sekitar Holly Grove, kereta ini dipanggil dengan julukan "Bull Moose Special". Terdiri dari sebuah lokomotif, sebuah kereta penumpang, dan sebuah gerbong barang lapis baja dengan dua pucuk senapan mesin terpasang mengarah keluar. Sambil jalan The Bull Moose Special menembaki sekumpulan tenda milik koloni pemogok kerja di dekat Paint Creek. Serangan ini dianggap sebagai balasan dari aksi para pemogok kerja yang menembaki ambulan milik pihak operator tambang dan menyerang gudang di dekat Mucklow. Malam itu juga Bonner Hill (Sherrif Kanawha County), Quinn Morton (operator tambang Paint Creek), beberapa Deputi dan penjaga tambang, serta polisi khusus kereta api menaiki Bull Moose Special sambil membawa surat penangkapan untuk beberapa orang yang tidak disebutkan namanya. Seiring kereta melintasi Holly Grove dua peluit semboyan 35 dibunyikan sang masinis, sebagai sinyal dimulainya tembakkan senapan mesin dan diikuti senapan laras panjang kearah para pemogok. Banyak yang terluka, namun seorang penambang bernama Cesco Estep tewas karena berusaha melindungi anak dan istrinya yang sedang hamil. Dua hari kemudian para pemogok kerja dengan sangat marah menyerang kamp penjaga tambang untuk balas dendam.

Monumen peringatan peristiwa penembakan oleh Bull Moose Special | Sumber foto: Coal Camp USA

Bull Moose Special memang biasa beroperasi untuk mengawal kereta lain yang mengangkut penambang yang bukan anggota serikat penambang atau "non-union" ke titik pertambangan yang menjadi lokasi mogok kerja. Nama Bull Moose Special sendiri berasal dari fakta bahwa orang-orang yang menugaskan kereta itu terikat dengan Partai Progresif West Virginia yang dijuluki "Bull Moose Party" oleh seorang kandidat pilpres dari partai nasional, Theodore Roosevelt.

Kini Bull Moose Special menjadi sebuah kisah dramatis yang muncul dari peristiwa berdarah di Kanawha County.

Dito Aldi Soekarno Putra | RE Digest
Sumber: The West Virginia EncyclopediaBlaire Mountain Reenactment Society, Wikipedia.org  

About D.A. Soekarno Putra

Suka yang manis-manis. Jari manis misalnya
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment