testimoni

testimoni

Berapa Biaya Yang Harus Dikeluarkan Ketika Kuliah di API?

Akademi Perkeretaapian Indonesia | Keretalistrik.com

[3/7]. Kalian baru lulus SMA/SMK/MA? Pastinya banyak dari kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik itu universitas, institut, akademi, ataupun sekolah tinggi? Ya begitu banyak pilihan perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri, swasta, maupun sekolah kedinasan. Salah satunya adalah Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) di Madiun, Jawa Timur.

Sekolah kedinasan milik Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub ini didirikan pada 9 September 2009 karena kebutuhan atas tenaga ahli perkeretaapian di Indonesia. Banyak lulusan SMA/MA/SMK, terutama para railfans, yang ingin berkuliah di sini. Para lulusan API nantinya akan ditempatkan di sejumlah perusahaan dan instansi yang memerlukan tenaga ahli di bidang perkeretaapian seperti Dirjenka, PT KAI, dan MRT Jakarta.

API sendiri menyelenggarakan 4 program Diploma dengan 4 program studi. Prodi tersebut diantaranya adalah DIII Teknik Bangunan dan Jembatan, DIII Teknik Elektro Perkeretaapian, DIII Teknik Mekanika Perkretaapian, dan DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Beberapa dari anda yang ingin berkuliah di sini pastinya bertanya-tanya berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah di sini? Apakah mahal?

Sebenarnya bisa dibilang biaya kuliah di API cukup mahal di awal-awal namun murah di akhir-akhir. Di semester awal atau semester I, peserta didik setidaknya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 17.190.000. Sedangkan untuk semester-semester selanjutnya (semester II sampai semester VI) peserta didik hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000.000 tiap semesternya.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo





About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment