testimoni

testimoni

Ditanya Soal Nama Stasiun Baru di Yamanote, Ini Jawaban Siswi SMA Jepang

Jalur Yamanote | Gettyimage

[1/7]. Setelah 46 tahun beroperasi, Jalur Yamanote akhirnya mendapatkan 1 stasiun perhentian baru. Stasiun baru ini terletak di petak antara Stasiun Shinagawa dan Stasiun Tamachi. Penambahan ini dilakukan karena jarak antara Shinagawa dan Tamachi yanh cukup jauh yakni mencapai 2 kilometer.

Namun permintaan masyarakat dan kebutuhan akan stasiun baru sangatlah mendesak. Stasiun baru ini pun dibangun untuk mengurangi kepadatan di antara kedua stasiun tersebut. Meski saat ini sedang dibangun, sayangnya stasiun ini masih belum memiliki nama. Ketika kereta melintas di stasiun ini, announcer hanya menyebutkan "stasiun baru" karena belum memiliki nama.

Lantas nama apa yang cocok untuk stasiun baru di Jalur Yamanote? Banyak nama yang berkembang di masyarakat. Namun inilah jawaban dari survey yang dilakukan oleh Rocketnews kepada 100 orang siswi SMA di Shibuya.

Siswi SMA Jepang | My Anime List

  1. 1. Shin-Shinagawa (45%)
  2. 2. Stasiun Luar Angkasa (12%)
  3. 3. Takanawa (10%)
  4. 4. Gerbang Selatan Tokyo (8%)
  5. 5. Shinagawa Shin Toshin (6%)
  6. 6. Shiba (6%)
  7. 7. Konan (4%)
  8. 8. Shibaura (3%)
  9. 9. Sengakuji (3%)
Untuk nama seperti Sengakuji, Shibaura, Konan, Shiba, dan Takanawa diambil dari nama daerah sekitar stasiun ini berada. Namun nama-nama tersebut kemungkinan tidak akan digunakan karena dikhawatirkan akan menimbulkan disambiguasi. Sedangkan Shinagawa Shin Toshin sendiri memiliki arti Pusat Kota Sinagawa Baru. Nama ini diberikan karena daerah di sekitar stasiun memang berkembang menjadi Central Building District (CBD) di Shinagawa.

Nama yang paling potensial adalah Gerbang Selatan Tokyo atau Tokyo Southern Gate. Nama ini lebih masuk akal karena lokasi stasiun ini yang memang berada di perbatasan selatan Tokyo. Nama lain yang potensial untuk digunakan lainnya adalah Shin-Shinagawa. Yang paling menarik adalah sejumlah responden yang menamai stasiun ini Stasiun Luar Angkasa. Entah mungkin hanya iseng atau kehabisan ide, yang pasti nama Stasiun Luar Angkasa tidak akan digunakan.

Rencananya stasiun ini akan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. Jadi masih ada 3 tahun lagi sampai stasiun ini beroperasi. JR East sendiri masih memikirkan nama yang tepat untuk stasiun ini. Hmm, kira-kira nama apa ya yang cocok untuk stasiun ini?



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment