testimoni

testimoni

Inilah Desain KRDE Pertama JR East

Desain KRDE GV-E400 yang akan dioperasikan oleh JR East | Trafficnews
[6/7]. JR East merilis desain kereta rel diesel elektrik (KRDE) yang akan dioperasikan di kawasan Niigata dan Akita. Dilansir dari Trafficnews, rangkaian KRDE yang akan dioperasikan adalah rangkaian GV-E 400. Rangkaian ini merupakan rangkaian KRDE pertama yang dioperasikan oleh JR East.

Pasalnya JR East belum pernah sekalipun mengoperasikan KRDE. Cara beroperasi KRDE ini pun sama seperti KRDE yang ada di Indonesia. Mesin diesel membangkitkan listrik yang akan dialirkan ke traksi motor yang nantinya akan menggerakkan kereta serta menyuplai kebutuhan listrik dalam kereta seperti lampu, AC, dan pintu.

Satu set KRDE GV-E 400 berisi 3 kereta yang terdiri atas 2 kereta traksi dan 1 kereta pembangkit. GV-E 400 dapat mencapai kecepatan maksimal 100 km/jam. Bodi kereta terbuat dari stainless steel. Di tiap kereta terdapat 4 pintu yang berada di ujung rangkaian selayaknya KRD perintis di Jepang pada umumnya.

Rencananya KRDE ini akan dioperasikan di beberapa jalur di kawasan Niigata dan Akita seperti Jalur Uemasei yang menghubungkan Niitsu dengan Sakata, Jalur Utama Shinetsu yang menghubungkan Niitsu dengan Niigata, Jalur Yonezaka, Jalur Banetsukoshi, Jalur Tsugaru, Jalur Godo, dan Jalur Ouchamon.

Rangkaian KRDE ini nantinya akan menggantikan armada KRD yang beroperasi di sana. Rencananya rangkaian pertama KRDE ini akan mulai beroperasi pada 2018 dan akan mulai beroperasi di Niigata pada 2019 dan Akita pada 2020.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment