testimoni

testimoni

Kereta Komuter Renfe Tabrak Badug di Barcelona

Rangkaian kereta komuter Renfe yang tabrak badug di Stasiun Francia, Barcelona | ABC

[30/7]. Sebuah kereta komuter menabrak sepur badug di Stasiun Francia, Barcelona, Spanyol pada Jumat kemarin. Dilansir dari ABC, tabrakan ini terjadi pada pukul 7.15 waktu Spanyol atau sekitar pukul 14.15 Waktu Indonesia Barat. Kereta komuter yang mengalami kecelakaan memiliki rute Sant Vicenc Calders-Francia.

Menurut penuturan salah seorang penumpang bernama Said Saharui, pada saat kereta memasuki Stasiun Francia kereta melakukan prosedur pengereman normal. Dirinya juga mengatakan meskipun kereta sudah mengerem namun kecepatan kereta tidak berkurang. Sampai pada akhirnya kereta berhenti setelah menabrak badug. Penumpang yang berada di dalam kereta pun terlempar ke depan. Detik-detik jelang kecelakaan terekam dalam rekaman CCTV stasiun.
Circulan ya por la red estas imágenes de las cámaras de seguridad de Barcelona França del momento de la colisión de la unidad de cercanías contra la topera de la vía número 11
Dikirim oleh Vía Libre. La revista del ferrocarril pada 29 Juli 2017
Akibat peristiwa ini, 54 orang luka-luka di mana 1 orang dalam keadaan kritis. Diantara 54 orang tersebut, hanya 51 orang yang dibawa ke rumah sakit terdekat. Sang masinis kereta tidak mengalami cidera serius. Peristiwa ini juga menyebabkan bagian moncong kereta dan kereta 2 mengalami kerusakan akibat benturan yang terjadi. Beruntung kereta tidak sampai masuk ke peron karena tertahan oleh sepur badug.

Menteri Pekerjaan Umum Spanyol Inigo de la Serna mengatakan kotak hitam kereta berhasil dievakuasi dan telah dikirim ke KNKT Spanyol untuk diambil datanya guna mempermudah proses investigasi. Peristiwa ini terjadi pada saat pegawai Renfe tengah melakukan aksi mogok kerja selama sehari. Perjalanan kereta yang terdampak aksi ini beroperasi sebagai layanan minimum atas permintaan Kementerian Pekerjaan Umum Spanyol.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment