testimoni

testimoni

Kereta Mewah The Royal Express Resmi Beroperasi

Peresmian The Royal Express di Stasiun JR Yokohama | Japantimes

[24/7]. Setelah sebelumnya JR East dan JR West meluncurkan kereta mewah mereka yakni Train Suite Shiki Shima dan Twilight Express Mizukaze. Kini giliran dua operator kereta api swasta Jepang meluncurkan kereta mewah mereka sendiri. Jumat kemarin Tokyu Corporation dan Izukyu Corporation meluncurkan kereta mewah hasil kerjasama mereka yang diberi nama The Royal Express.

Dilansir dari Japantimes, peluncuran kereta mewah hasil kerjasama dua perusahaan besar ini dilakukan di Stasiun JR Yokohama. Peresmian ini ditandai dengan dipotongnya pita oleh Dirut kedua perusahaan serta sang desainer kereta, Eiji Mitooka yang dilanjutkan dengan diberangkatkannya The Royal Express.

Rangkaian The Royal Express ini merupakan hasil modifikasi dari rangkaian Izukyu seri 2100 Alpha Resort 21 dengan nomor set 2162F. Satu set The Royal Express berisi 8 kereta yang terdiri atas kereta penumpang, kereta pemandangan, kereta makan, dan kereta serbaguna yang dapat digunakan untuk acara-acara seperti pameran atau pesta pernikahan. Selain itu, kereta ini juga dilengkapi dengan kolam bola dan perpustakaan untuk anak-anak. 

Izukyu 2100 Alpha Resort 21 | Wikimedia

Eksterior kereta ini terlihat begitu mencolok dengan warna biru dan livery emas yang memanjang di sepanjang kereta. Di bagian depan kereta tertulis "The Royal Express" serta lambang dari kereta ini. Dari segi eksterior nyaris tidak ada perubahan yang berarti selain livery dan bagian depan kereta saja.

Setelah kita bicara soal eksterior, kini kita bicarakan interiornya. Ketika anda memasuki kereta anda akan disambut dengan bordes yang didominasi warna biru. Interior kereta penumpang didominasi warna putih yang membuatnya lebih mewah. Di kereta pemandangan yang berada di kereta depan dan belakang penumpang dapat melihat secara langsung cara masinis mengemudikan kereta karena dinding pemisah antara ruang penumpang dan kabin masinis didesain transparan dan hanya dibatasi oleh jendela kaca yang dibingkai kayu.

Untuk kereta makan yang berada di kereta 4 sendiri juga didominasi warna putih sehingga membuatnya terasa elegan sekaligus mewah. Bagian atap kereta dilapisi dengan ukiran marmer sehingga membuatnya terasa seperti restoran bintang 5. Di kereta serbaguna yang berada di kereta 5 dan kereta cafe yang berada di kereta 6, terdapat sebuah piano yang nantinya akan dimainkan oleh seorang pianis untuk menghibur penumpang. Penasaran semewah apa sih The Royal Express ini? Kita saksikan dalam video berikut.


Kereta ini nantinya akan beroperasi di sepanjang Semenanjung Izu dari Yokohama hingga Shimoda. Rute ini dipilih karena pemandangan pantai yang menghadap langsung ke Samudera Pasifik terlihat begitu indah. Tarifnya? Jauh lebih murah ketimbang Train Suite Shiki Shima milik JR East dan Twilight Express Mizukaze milik JR West. Tarifnya hanya JPY 200.000 atau sekitar Rp 24 juta saja untuk perjalanan pulang-pergi.

Harga ini sudah termasuk paket menginap di hotel mewah dengan onsen atau pemandian air panas dan sejumlah tour seperti mini-tour yang dilakukan di kawasan Ito di Semenanjung Izu. Hmm apakah anda ingin naik The Royal Express ini?



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment