testimoni

testimoni

Beginilah Tampak Rangkaian KRL Bandara Soekarno Hatta

Tampak depan rangkaian KRL Basoetta | Detik

[15/8]. Ranah perkeretalistrikan Jabodetabek kini kedatangan satu anggota keluarga baru. Ya inilah KRL Bandara Soekarno Hatta atau disingkat KRL Basoetta. Kedatangannya ke ibukota disambut meriah oleh para pecinta kereta di Jabodetabek. Pasalnya KRL ini merupakan merupakan perwujudan harapan warga Jakarta dan para pecinta kereta yang menginginkan hadirnya kereta bandara di ibukota.

Rangkaian kereta bandara pertama dengan nomor set K1 1 17 01F ini dikirimkan dari pabrik PT INKA di Madiun pada Minggu (13/8) pagi dan tiba pada Senin (14/8) malam setelah menempuh perjalanan selama 39 jam 54 menit. Kehadiran KRL ini pun mengundang rasa pensaran mengenai bagaimana isi dari KRL ini? Dan apa keistimewaannya?


Untuk tampilan mukanya persis seperti desain yang diperlihatkan pada Maret lalu. Hanya perbedaannya, pada bagian logo Railink dikotaki warna hitam. Bentuk mukanya sepintas hampir mirip dengan kereta komuter yang beroperasi di Kroasia dan Serbia. Hanya saja KRL Basoetta ini lampu depannya lebih menyamping, cowcatchernya terpisah dari bodi, jendelanya lebih lebar, dan bentuknya lebih kotak.

Kereta komuter Kroasia yang mukanya mirip dengan KRL Basoetta | Youtube

Bagian samping kereta diberi livery putih dengan garis kuning di bagian bawah, biru di atas jendela, dan warna hitam di bagian jendela. Warna hitam di sepanjang list jendela memberikan kesan seolah-olah jendela kereta memanjang tanpa kusen. Terdapat 4 buah pintu di setiap ujung kereta yang dilengkapi dengan tangga seperti yang ada di KRL-KRL buatan INKA sebelumnya. Satu set KRL Basoetta terdiri atas 6 kereta.

Tampak samping KRL Basoetta | picture by: Rusdianto

Setelah melihat bagian luar kereta, kini kita masuk ke bagian dalam kereta. Interior kereta didominasi oleh warna putih. Sedangkan bangkunya menggunakan jok berwarna hitam. Bangku kereta disusun dengan formasi 2-2 seperti kereta api jarak jauh. Bangku kereta bisa diputar posisinya selayaknya kereta jarak jauh kelas eksekutif. Di setiap bangku tersedia 2 port USB yang dapat digunakan untuk mencharge handphone dan gadget.

Terdapat 4 TV LED yang ditempatkan di setiap sudut kereta yang nantinya akan diisi dengan tayangan hiburan. Di atas pintu arah bordes terdapat display digital yang nantinya akan memperlihatkan informasi di dalam kereta. KRL ini juga dilengkapi dengan toilet yang ditempatkan di ujung belakang kereta. 

Tampak interior kereta | Sindo
Bangku KRL Basoetta | picture by: Rusdianto
Port USB untuk mencharge yang ada di setiap bangku | picture by: Rusdianto


Tampak toilet kereta | Sindo

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan rangkaian KRL Basoetta ini akan diujicoba. Seperti dilansir dari Sindo, Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan rencananya akan ada 10 set atau 60 unit KRL Basoetta yang beroperasi. Rencananya ujicoba operasi KA Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan pada November mendatang.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment