testimoni

testimoni

Berkunjung ke Sukabumi, Presiden Jokowi Gunakan Kereta Api

Rangkaian KLB Kepresidenan melintas bilangan Kalibata
[31/08] - Dalam rangka kunjungan kerja di Sukabumi pada hari raya Idul Adha yang jatuh esok Jumat, 1 September 2017 Masehi yang bertepatan dengan 10 Zulhijjah 1438 Hijriyah, Presiden Joko Widodo atau yang lebih akrab disebut dengan Jokowi serta keluarga bertolak dari Jakarta pada hari Kamis ini, 31 Agustus 2017.

Perjalanan kunjungan kerja kali ini pun ternyata punya keistimewaan sendiri. Tidak seperti biasanya yang untuk perjalanan jarak dekat Jokowi menggunakan mobil kepresidenan, pada kesempatan kali ini Jokowi justru memilih untuk menggunakan moda angkutan kereta api. Sesuai yang dilansir dari Kompas, rangkaian KA yang mengangkut Jokowi sebagai KLB Kepresidenan ini berangkat dari Stasiun Gambir pada pukul 10.00 pagi tadi. Dalam kunjungan kali ini Jokowi membawa serta Ibu Negara Iriana beserta anak keduanya Kahiyang Ayu, di mana mereka berada di Kereta Bali. 
Presiden Joko Widodo berangkat ke Sukabumi dari Stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (31/8/2017).
Presiden Jokowi di Stasiun Gambir | Foto: Kompas.com
Juga dilansir dari Kompas pada artikel yang berbeda, sebagai efek samping dari keberangkatan Jokowi dari Stasiun Gambir, pengamanan di sana pun diperketat dengan penambahan metal detector serta personel PASPAMPRES (Pasukan Pengamanan Presiden) yang ikut serta memeriksa penumpang, sehingga sempat terjadi antrean panjang di pintu keberangkatan. 

Rangkaian KLB ini mempunyai stamformasi dua lokomotif CC 206 yaitu CC 206 15 03 di depan dan CC 206 15 02 di belakangnya, satu kereta pembangkit yaitu P 0 95 01, satu kereta makan yaitu M1 0 85 01, dua kereta eksekutif new image yaitu K1 0 16 47 dan 48, dan dua kereta wisata yaitu K1 0 82 22 (KAWIS Jawa) dan SI 0 67 02 (KAWIS Bali). Dilansir dari Tempo, masinis yang dipercaya menjalankan rangkaian KLB ini adalah Ahmad Zaenal dengan asisten masinisnya Ali Bahtiar. 

Dengan stamformasi ini, perjalanan ini juga menjadi suatu momen spesial di mana pertama kalinya dalam sejarah K1 New Image buatan 2016 ini akhirnya diajak main ke Lintas Selatan (Manggarai-Bogor-Sukabumi).
Lokomotif CC 206 15 03 dan CC 206 15 02 di PJL 29 Bogor | Foto: Saddam "Husein"
Tim REDaksi memantau, rangkaian KLB Kepresidenan ini melintas di bilangan Kalibata pada pukul 10.20 WIB, dan tiba di Stasiun Bogor sekitar pukul 11.10 WIB sebelum kemudian meneruskan perjalanan ke Sukabumi pada pukul 11.20 WIB. Perjalanan rangkaian KLB Kepresidenan ini didahului oleh KRD Inspeksi Wijaya Kusuma yang berperan sebagai voojrider untuk membuka jalan.
KA Inspeksi Wijaya Kusuma melintas bilangan Kalibata
Rencananya di Sukabumi Jokowi akan melaksanakan takbiran pada malam ini serta melakukan salat Idul Adha di Lapangan Merdeka dan dilanjutkan dengan menyaksikan penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Sukabumi pada keesokan harinya. 

Sumber

Railway Enthusiast Digest | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment