testimoni

testimoni

Jalur Kereta Cepat Tel Aviv-Yerussalem Segera Dibuka

Rangkaian kereta milik Israel Railway | The Times of Israel

[22/8]. Israel Railway akan segera membuka jalur kereta cepat dari ibukota Israel, Tel Aviv sampai Yerussalem. Dilansir dari The Jerusalem Post, Israel Railway telah melakukan uji coba jalur kereta cepat ini pada Minggu kemarin. Jalur sejauh 66 kilometer ini menghubungkan Bandara Ben Gurion dengan Stasiun Yerussalem Baru.

Kehadiran jalur kereta cepat ini begitu dinantikan oleh masyarakat Israel. Sebenarnya sudah ada layanan kereta api dari Tel Aviv ke Yerussalem. Namun layanan yang sudah ada menggunakan jalur lama peninggalan Kekaisaran Ottoman yang dibangun pada abad 19. Sedangkan jalur kereta cepat menggunakan jalur baru yang mulai dibangun pada 2001.

Jembatan kereta cepat Tel Aviv-Yerussalem yang berada di Kota Modiin | The Jerusalem Post

Kereta cepat ini diyakini bisa menjadi solusi kemacetan yang terjadi di antara kedua kota tersebut pada saat jam-jam sibuk. Perjalanan kereta pun bisa dipangkas dari yang sebelumnya 80 menit menjadi hanya 28 menit. Selain sebagai alternatif transportasi, pembangunan jalur kereta cepat ini juga sarat akan muatan politis.

Menteri Transportasi Israel Katz pada saat uji coba mengatakan kepada The Jerusalem Post keberadaan jalur kereta cepat ini akan mempertegas status Yerusalem sebagai wilayah Israel dan juga mempermudah masyarakat untuk tinggal dan berbisnis di sana. Rencananya jalur kereta cepat ini akan dibuka pada April 2018 mendatang.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment