testimoni

testimoni

JR East Akan Operasikan Kereta di Inggris

JR E231 Jalur Yamanote | Tokyo Rail Days Singapore

[14/8]. JR East sepertinya tak hanya bermain operasional kereta di tanah Jepang namun sudah mulai melakukan ekspansi ke luar negeri terutama di Benua Biru, Eropa. JR East akan mengoperasikan perjalanan kereta api di Inggris. Dilansir dari Japan Today, JR East memenangkan tender operasional kereta api di West Midlands.

Daerah West Midlands yang dioperasikan oleh JR East yakni jalur antara ibukota Inggris, London, dengan Liverpool dan juga jaringan transportasi di daerah Birmingham. Kontrak operasional ini berlaku selama 10 tahun mulai Desember mendatang. Investasi yang diperlukan selama jangka waktu tersebut adalah 1 miliar Poundsterling atau sekitar Rp 17.278 triliun di mana dana sebesar 700 juta Poundsterling akan digunakan untuk membuat kereta baru serta meremajakan armada kereta yang sudah ada.

Guna mengoperasikan kereta api di Inggris, JR East membentuk sebuah perusahaan konsorsium bekerjasama dengan sejumlah perusahaan asal Jepang dan Eropa. Perusahaan tersebut diantaranya adalah Mitsui dan Abellio Transport Group, anak dari perusahaan kereta nasional Belanda, Nederlandse Spoorwegen.  

Dalam konsorsium tersebut, JR East dan Mitsui akan memegang 29,9% saham. Sedangkan Abellio Transport Group akan memegang saham mayoritas yakni 70,1% saham. Ini akan jadi kali pertama bagi perusahaan kereta Jepang untuk mengoperasikan kereta api di luar negeri. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment