testimoni

testimoni

KA Ekonomi Premium Akan Beroperasi di Rute Cilacap-Yogyakarta



[10/8]. Anda warga Cilacap? Merasa kesulitan untuk pergi ke Yogyakarta karena tidak ada kereta yang melayani perjalanan ke sana? Tidak perlu khawatir. Karena PT KAI berencana akan mengoperasikan KA ekonomi premium di rute tersebut. Dilansir dari Antara, rencana tersebut disampaikan oleh Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

Ixfan mengatakan rencana awalnya kereta ini akan diluncurkan pada tanggal 1 September mendatang. Namun karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha terpaksa peluncuran perdananya dijadwal ulang. Namun dirinya masih menunggu kabar lebih lanjut dari kantor pusat di Bandung mengenai hal itu. Belum juga beroperasi, sejumlah nama pun muncul sebagai nama kereta ini.

Stasiun Cilacap | Wikipedia

Salah satunya adalah KA Nusakambangan yang diambil dari nama pulau di selatan Cilacap yang juga terkenal sebagai rumah tahanan penjahat kelas kakap. Nama lainnya adalah KA Pasir Luhur yang diambil dari judul sebuah babad yang erat kaitannya dengan sejarah Banyumas. Soal tarif? Ixfan mengatakan tarifnya tidak akan terlalu mahal sehingga bisa bersaing dengan moda transportasi lain seperti bus.

Nantinya akan ada 4 perjalanan kereta, yakni dua kali dari Cilacap dengan nomor KA 10368 dan 10370 dan dua kali dari Yogyakarta dengan nomor KA 10331 dan 10333. Berikut adalah jadwal KA ekonomi premium Cilacap-Yogyakarta.


Keberadaan KA ekonomi premium ini tentu sangat membantu terutama semenjak PT KAI Daop V Purwokerto menghentikan operasional Feeder Logawa ke Cilacap pada tahun 2011. Setahun kemudian, PT KAI mengoperasikan KRDE Maguwo Express dengan rute Maguwo-Purwokerto-Cilacap namun itu pun tak bertahan lama. Pada September 2011 relasi Maguwo Express diperpendek hanya sampai Purwokerto hingga akhirnya operasionalnya dihentikan. 


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment