testimoni

testimoni

Maglev Kecepatan Rendah Baru Tiongkok Sukses Jalani Uji Coba

Maglev kecepatan rendah baru Tiongkok | CGTN

[15/8]. Pabrikan kereta api asal Tiongkok, CRRC, sukses mengujicoba rangkaian kereta magnetic levitation (maglev) kecepatan rendah terbaru mereka. Dilansir dari CGTN, uji coba dilakukan di Kota Shanghai. Dalam uji coba tersebut, maglev ini berhasil melaju dengan kecepatan 120 km/jam. Pengembangan maglev kecepatan rendah ini dilakukan sejak 8 tahun yang lalu.

Kepala Teknisi CRRC Dalian Qu Tianwei mengatakan maglev kecepatan rendah ini menggunakan teknologi suspensi magnet terbaru. Maglev ini memang tidak dirancang untuk kecepatan tinggi dan jarak jauh seperti yang ada di Jepang namun maglev ini dirancang untuk kebutuhan angkutan perkotaan seperti komuter dan metro.

Qu mengatakan ada sejumlah keunggulan yang ditawarkan olah maglev kecepatan rendah ini sebagai kereta angkutan perkotaan. Diantaranya adalah minimnya polusi suara, kemampuan mendaki yang lebih baik, serta umur kereta yang lebih panjang. Biaya pembangunan jalur maglev ini lebih mahal ketimbang LRT namun lebih murah ketimbang MRT. Namun kapasitas angkut maglev ini sama saja seperti LRT.

Pihak CRRC Dalian berencana akan mulai memasarkan maglev kecepatan rendah ini pada tahun depan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Akademi Keteknikan Tiongkok, Pemerintah Tiongkok berencana akan membangun 5 jalur maglev kecepatan rendah di Tiongkok pada 2020. Di mana 10 kota dipertimbangkan jadi tempat dibangunnya jalur ini. Jalur maglev kecepatan rendah pertama kali beroperasi di Kota Changsa, Provinsi Hunan, Tiongkok pada Mei 2016 lalu.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo  

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment