testimoni

testimoni

Proyek Jalur Kereta Tiongkok di Malaysia Mulai Dibangun

Wikimedia

[10/8]. Ambisi Tiongkok yang ingin menghubungkan negara-negara di Asia, Eropa, dan Afrika dalam satu jalinan rel kereta api sepertinya semakin mendekati kenyataan. Rabu kemarin Pemerintah Tiongkok dan Malaysia melakukan groundbreaking megaproyek jalur kereta api di pesisir timur Malaysia yang dilakukan di Kuantan, Pahang, Malaysia.

Dilansir dari Xinhua, proyek jalur ini menghubungkan Gombak, kota satelit di Kuala Lumpur, dengan Kotabaru yang berada di timur laut Kelantan. Acara groundbreaking ini juga dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Penasehat Kenegaraan Tiongkok Wang Yong. Proyek jalur ini diberi nama East Coast Rail Link (ECRL).

Groundbreaking ECRL yang dihadri oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak (tengah kiri) | Xinhua

Jalur ini dibangun oleh kontraktor asal Tiongkok China Communication Construction Ltd.. Najib mengatakan pembangunan ECRL ini begitu penting bagi Malaysia. Pasalnya selama ini Gombak dan Kotabaru hanya dihubungkan melalui jalur pesisir barat Malaysia sehingga kehadiran ECRL ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh antar kedua kota yang tadinya 7 jam jadi hanya 4 jam.

Pembangunan ECRL memakan biaya RM 55 miliar atau sekitar Rp 15,55 triliun. ECRL nantinya akan sepenuhnya terelektrifikasi melalui kabel listrik aliran atas (LAA) sehingga jalur ini akan sepenuhnya dilayani oleh KRL. Ditargetkan proyek ini akan rampung pada 2024 mendatang.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment