testimoni

testimoni

Tiongkok Luncurkan Tram Nirawak Pertama di Dunia

Rangkaian purwarupa tram nirawak yang ditampilkan di Qingdao | CGTN

[2/8]. Inovasi teknologi perkeretaapian Tiongkok seolah tidak ada habisnya. Jumat kemarin, pabrikan kereta api Tiongkok, CNR, memperlihatkan rangkaian tram pertama di dunia yang dioperasikan secara nirawak alias tanpa masinis. Dilansir dari CGTN, rangkaian tram ini diperlihatkan di pabrik CNR di Qingdao, Provinsi Shandong, timur Tiongkok.  

Teknisi CNR Li Yanyi mengatakan tram ini dilengkapi dengan teknologi Automatic Train Controler (ATC) yang membuatnya bisa dioperasikan tanpa masinis. Sistem ATC ini nantinya akan mengomando tram untuk menyalakan rangkaian, berjalan, dan berhenti secara otomatis. Dengan begini masinis dapat memantau jalannya tram dengan lebih mudah.

Tampak meja layanan dari tram nirawak | CGTN

Kemunculan tram nirawak ini bisa dibilang merupakan sebuah gebrakan dalam inovasi teknologi perkeretaapian terutama di dunia tram. Pasalnya pemasangan ATC pada tram merupakan keputusan yang cukup berani mengingat kondisi jalur tram yang tak sesteril jalur kereta api biasa. Satu set tram terdiri atas 3 kereta di mana 1 keretanya memiliki panjang 11.73 meter dan lebar 2.65 meter.

Tram ini dapat mengangkut setidaknya 380 orang penumpang dan dapat melaju dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Tram ini juga dirancang ramah disabilitas dengan tersedianya ruang khusus kursi roda serta kursi di tengah kereta yang dibuat menyamping agar bisa dimasuki kursi roda. Rencananya tram ini akan beroperasi untuk pertama kalinya di Kota Foshan, Provinsi Guangdong pada 2018 mendatang sebagai solusi atas kemacetan yang terjadi di sana.

Ruang khusus kursi roda yang ada di tengah tram | CGTN


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo



About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment