testimoni

testimoni

Eks Kereta Kepresidenan IW-2 Terbakar di Dipo Padang Panjang

Kereta IW-2 saat terbakar di Dipo Padang Panjang | Infosumbar

[12/9]. Ada kabar menyedihkan bagi anda pecinta kereta api bersejarah. Eks Kereta Kepresidenan IW-2 hangus terbakar di Dipo Lokomotif Padang Panjang pada Senin siang kemarin. Entah bagaimana ceritanya kereta yang mangkrak di sudut dipo ini bisa terbakar. Namun beberapa sumber mengatakan api berasal dari aksi vandalisme yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab.

Api melahap seluruh bagian kereta berwarna kuning tersebut. Interior kereta yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat menyebar ke seluruh bagian kereta. Tak ada yang bisa diselamatkan dari kereta ini. Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan oleh pihak terkait. Garis polisi dipasang di sekitar kereta.

Kondisi kereta IW2 setelah terbakar | picture by: Railfans Padang
Eks Kereta Kepresidenan IW2 sangatlah istimewa dan memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Sumatera Barat dan pecinta kereta di Divre 2. Kereta buatan 1929 ini merupakan satu-satunya armada kereta wisata (kawis) yang ada di Divre 2. Tak hanya itu, IW2 begitu bersejarah karena pernah digunakan untuk mengangkut Presiden Soeharto ketika melakukan lawatan ke Sumatera Barat.

Sebagai kereta wisata, IW2 seringkali digunakan untuk mengangkut orang-orang penting maupun disewakan seperti kereta wisata pada umumnya. Ya namanya kereta wisata pasti interiornya mewah. Interior IW2 didominasi ornamen kayu. Di dalam kereta juga terdapat sofa dan dilengkapi dengan pendingin udara.

Kereta IW2 (belakang lokomotif) saat masih beroperasi sebagai KA Wisata Danau Singkarak | Dunia Kita-Kita

Interior IW2 sebelum terbakar | Dunia Kita-Kita

IW2 terakhir kali dioperasikan sebagai KA Wisata Danau Singkarak pada 2014 lalu. Semenjak dihentikannya operasional KA Wisata Danau Singkarak, IW2 pun tak lagi dioperasikan dan masuk dalam daftar konservasi.

IW2 hanya diparkirkan di pojokan Dipo Lokomotif Padang Panjang. Meski disimpan di dalam dipo, kondisinya sebelum terbakar begitu mengenaskan. Kaca-kaca jendela pecah, dinding luar kereta terdapat coretan pilok, bahkan pada saat railfans dari Komunitas Pecinta Kereta Divre 2 (KPKD2) melihat kondisi IW2 di Padang Panjang, ditemukan kaleng lem aibon dan botol minuman keras di dalam kereta.

Kini kisah hidup IW2 telah musnah dilalap si jago merah. Segala cerita tentangnya telah musnah menjadi abu dan arang. Akankah dia bisa diselamatkan? Entahlah. Tapi yang pasti keberadaannya di Ranah Minang akan selalu dikenang oleh masyarakat dan pecinta kereta api Sumatera Barat.   


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment