testimoni

testimoni

JR East Akan Luncurkan Kereta Pengangkut Sepeda

Desain eksterior KRL B.B.Base | JR East

[22/9]. Dahulu kita seringkali melihat pengguna sepeda mengangkut sepeda mereka menggunakan KRL. Mereka kebanyakan berasal dari komunitas pengendara sepeda atau orang-orang yang biasa bersepeda dari rumah ke stasiun dan dari stasiun ke tempat kerja. Namun sayangnya, pemandangan seperti itu tak lagi terlihat semenjak PT KCI (tadinya KCJ) melarang penumpang membawa sepeda selain sepeda lipat ke dalam KRL.

Hal ini tentunya sangatlah merepotkan terutama bagi pemilik sepeda gunung, BMX, ataupun fixie karena mereka tidak diperbolehkan mengangkut sepeda mereka menggunakan KRL. Lain KCI lain pula JR East. Jika KCI melarang sepeda ukuran besar masuk KRL, JR East justru hendak mengoperasikan KRL yang dikhususkan bagi para pengguna sepeda.

Dilansir dari rilis resmi JR East, JR East wilayah Chiba berencana akan mengoperasikan KRL pengangkut sepeda. KRL ini diberi nama Boso Bicycle Base atau disingkat B.B.Base. Rangkaian KRL ini nantinya dapat digunakan oleh para pengguna sepeda yang ingin mengangkut sepedanya menggunakan kereta api.

Guna mewujudkan hal ini, 1 set KRL JR seri 209 dimodifikasi interiornya. Bangku menyamping yang berada di dekat pintu kereta dan bangku prioritas di sudut kereta dihilangkan. Sebagai gantinya, ditempatkan dudukan sepeda yang dapat digunakan penumpang untuk menaruh sepeda. Sebanyak 24 dudukan sepeda ditempatkan di setiap keretanya. 

Desain interior KRL B.B.Base  JR East

Tak hanya interior, eksterior kereta pun dibuat berbeda untuk membedakan JR 209 B.B.Base ini dengan JR 209 lainnya. Eksterior kereta di wrap dengan stiker putih bergambar sepeda dan nomor kereta. Rencananya KRL B.B.Base ini akan dioperasikan di Jalur Uchibo yang membentang di sepanjang Semenanjung Boso pada Januari 2018 mendatang. Hmm, kira-kira KCI mau tidak ya mengoperasikan kereta pengangkut sepeda?




RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment