testimoni

testimoni

Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Akan Dibuatkan Jalur Baru

JR E257 sebagai rangkaian Limitted Express Azusa di Jalur Chuo | Wikipedia 

[6/9]. Setelah sekian lama menjadi teka-teki, akhirnya kini ada kepastian mengenai jalur yang akan digunakan untuk kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Kementerian Perhubungan memastikan jalur kereta semi cepat Jakarta-Surabaya nantinya akan menggunakan jalur baru. Dilansir dari Kompas.com, Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kemenhub Zulmafendi mengatakan pembangunan jalur baru ini akan memanfaatkan lahan jalur yang sudah ada.

Zulmafendi mengatakan nantinya jalur ini nantinya akan melintasi wilayah Pantura dan dibangun menggunakan lahan dari jalur kereta lama dan jalan tol. Selain itu jalur ini akan dibangun dengan meminimalisir adanya perlintasan sebidang. Untuk di daerah yang padat dan memungkinkan banyaknya perlintasan sebidang seperti di dalam kota, jalur akan dibuat layang.

Jalur kereta semi cepat Jakarta-Surabaya nantinya dapat mengurangi waktu perjalanan Jakarta-Surabaya dari yang sebelumnya 8 jam (waktu tempuh rata-rata Argo Bromo Anggrek) menjadi hanya 4-5 jam dengan kecepatan maksimal 160 km/jam. Untuk besarnya nilai pembangunan jalur ini, Zulmafendi tidak berkomentar banyak. Dirinya masih menunggu kepastian nilai investasi untuk jalur ini.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment