testimoni

testimoni

KRL Commuter Line Bekasi Ngedrift di Stasiun Jakarta Kota

KRL Commuter Line Bekasi yang anjlok di Stasiun Jakarta Kota | foto: Istimewa
[14/9]. Anjlokan KRL kembali terjadi di Stasiun Jakarta Kota. Kali ini anjlokan menimpa perjalanan KA 1340 Commuter Line Jakarta Kota - Bekasi. Anjlokan terjadi pada pukul 9.40 di jalur 9 Stasiun Jakarta Kota.

Rangkaian 205-69F yang berdinas sebagai KA 1340 ini mengalami anjlok di tiga kereta dengan nomor badan 7, 8, dan 9. Peristiwa ini terjadi pada saat KA 1340 baru saja diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota dan sedang menyeberangi jalur-jalur di emplasemen Stasiun Jakarta Kota untuk masuk ke jalur raya di lintas layang.

Roda yang anjlok pada salah satu kereta motor | foto: Istimewa
Akibat peristiwa ini, perjalanan KRL lintas Bogor-Jakarta Kota maupun Bekasi-Jakarta Kota lintas Gambir hanya sampai Stasiun Manggarai. Sedangkan KRL yang terlanjur berada di lintas layang antara Stasiun Gambir-Jakarta Kota, dimundurkan kembali ke arah Gambir menggunakan sepur salah lalu kembali ke Bekasi ataupun Bogor.

Pemberitahuan gangguan yang muncul di display LED Stasiun Depok Baru

Tak hanya KRL yang terganggu perjalanannya. Sejumlah kereta api jarak jauh yang rangkaiannya stabling di Jakarta Kota juga terganggu. Kereta api jarak jauh tersebut diantaranya adalah Bangunkarta, Bima, dan Gajayana. Ketiganya terganggu karena akses menuju jalur layang tertutup KRL yang anjlok. Akhirnya pengiriman rangkaian dari Jakarta Kota ke Gambir pun diputar lewat Pasar Senen sampai Jatinegara.

Dari Jakarta Kota sampai Jatinegara rangkaian ditarik lokomotif langsir Dipo Kereta Jakarta Kota. Sesampainya di Jatinegara, lokomotif langsir dilepas dan digantikan oleh lokomotif penarik yang akan membawa kereta sampai Gambir. Di Gambir lokomotif penarik berpindah posisi supaya bisa menarik rangkaian sampai tujuan.

Rangkaian KA Bima yang pengiriman rangkaiannya diputar lewat Pasar Senen

Penumpukan penumpang terlihat di Stasiun Manggarai. Penumpang yang hendak menuju Jakarta Kota terpaksa beralih ke moda transportasi lainnya seperti Bus Transjakarta atau transportasi online. Kereta penolong milik Dipo KRL Bukit Duri dan Dipo Lokomotif Jatinegara diturunkan untuk mengevakuasi kereta yang anjlok. Hingga berita ini diturunkan, proses evakuasi masih berlangsung.

Pukul 12.03 perjalanan menuju Jakarta Kota kembali dibuka menggunakan satu jalur dari Gambir sampai Jakarta Kota. KRL pertama yang kembali ke Jakarta Kota adalah KA 1365 Commuter Line Bekasi - Jakarta Kota. Perjalanan kembali normal pukul 16.15 setelah kereta 7 dari rangkaian 205-69F berhasil dievakuasi.

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment