testimoni

testimoni

Perusahaan Asal Jerman Kembangkan Robot Pelangsir Rangkaian

Robot VLEX yang dikembangkan Vollert untuk melangsir rangkaian | Railway Gazette 


[9/9]. Aktifitas langsiran rangkaian merupakan hal yang biasa kita lihat baik di dipo maupun balai yasa. Rangkaian kereta atau gerbong dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Biasanya aktifitas ini dilakukan menggunakan lokomotif langsir atau lokomotif biasa. Langsiran terkadang terasa sangat melelahkan terutama bagi masinis karena harus berulangkali memindahkan rangkaian kereta. 

Selain itu, ukuran lokomotif yang besar seringkali memakan tempat sehingga manuver langsir jadi lebih sulit dan jauh. Namun kini ada solusi mengatasi hal itu. Sebuah perusahaan permesinan asal Jerman, Voller, mengembangkan robot pelangsir kereta. Dilansir Railway Gazette, Vice President Sistem Langsir Vollert Jurgen Schiemer mengtakan robot VLEX ini dikembangkan untuk meningkatkan kepraktisan pelangsiran serta atas dasar kebutuhan pelangsir di tempat yang sempit.

Remote control pengendali VLEX | Railway Gazette
Ukuran robot pelangsir VLEX ini sangatlah kecil tidak lebih besar dari sebuah sepeda motor. Meski ukurannya kecil, jangan remehkan kekuatannya. Robot ini dapat melangsir dengan beban hingga 300 ton. Pengendalian robot menggunakan remote control yang membuatnya mudah untuk digunakan dan tidak diperlukan pelatihan khusus selayaknya lokomotif.

Sekain itu, robot pelangsir VLEX ini ramah lingkungan karena menggunakan tenaga baterai yang dapat dicharge. Tak hanya dapat dioperasikan di rel, robot pelangsir ini juga dapat dioperasikan di jalan raya sehingga bisa menghemat tempat di jalur rel karena dapat diparkir di mana saja dan mempermudah proses pengisian baterai. Baterainya pun dapat dibongkar-pasang sehingga proses perawatan lebih mudah.



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment