testimoni

testimoni

Rangkaian 6120F Awali Pengujian Dua Rangkaian KRL Impor Terakhir 2017

6120F di Stasiun Manggarai
(30/9) - Hanya 10 hari setelah kedatangannya di Jakarta, rangkaian pertama dari kelompok terakhir impor KRL bukan baru tahun 2017 oleh PT Kereta Commuter Indonesia (sewaktu masih bernama KAI Commuter Jabodetabek) yaitu 6120F diujicobakan untuk kali pertama setelah selesai melalui proses adaptasi lingkungan.

Menggunakan jadwal siang dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok, 6120F yang merupakan rangkaian pembuatan kelompok ketiga bersamaan dengan 6121F pada tahun 1977 ini baru keluar di sore hari pada pukul 3 sore tadi dikarenakan padatnya lintas akibat gangguan sistem persinyalan yang diakibatkan oleh penggantian sistem dari solid-state interlocking menjadi Kyosan K5B di Stasiun Jatinegara dan Manggarai. Hal ini menyebabkan antrean KRL terutama di lintas Bogor sejak pagi tadi, yang menyebabkan penundaan keberangkatan dan kemungkinan perubahan rute pada ujicoba rangkaian 6120F.
Detail striping atas pada 6120F | foto: Saddam Hussein
Pola pewarnaan KRL ini menggunakan template yang juga digunakan oleh 6121F dan 6124F, yaitu striping tengah tebal dan striping atas tipis yang mirip dengan KRL seri 205. Bedanya, penggunaan airbrush pada 6120F lebih banyak, yaitu pada bagian muka dan bagian atas rangkaian. Sedangkan 6121F dan 6124F hanya pada bagian muka saja. Striping samping tengah rangkaian masih menggunakan stiker.

Ujicoba rangkaian 6120F masih berlangsung saat berita ini diturunkan. Selanjutnya, 6120F akan segera dilengkapi lagi sebelum diujicobakan bersama Kementerian Perhubungan untuk disertifikasi dan akhirnya bisa berstatus siap operasi untuk melayani penumpang. Sementara itu, rangkaian 6129F juga akan segera menyusul untuk diujicobakan beberapa hari mendatang. Apabila sudah disertifikasi, kedua rangkaian ini bisa saja akan mengisi kekurangan rangkaian yang sedang terjadi akibat "tumbang"-nya beberapa rangkaian formasi 10 dan 12 kereta karena masalah roda, atau mengubah dua pemerjalanan yang menggunakan rangkaian formasi 8 kereta sehingga semakin banyak rangkaian formasi 8 kereta yang menganggur untuk selanjutnya dioprek menjadi 10 atau 12 kereta.

Nantikan liputan ujicoba 6129F hanya di RED!
RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment