testimoni

testimoni

Hitachi Class 800 Resmi Beroperasi di Inggris

Hitachi Class 800 pertama yang beroperasi di Inggris | Railway Gazette

[18/10]. Setelah 4 bulan tiba di Negeri Ratu Elizabeth, kereta Class 800 buatan Hitachi kini resmi beroperasi di Jalur Great Western Railway. Peresmian Class 800 dihadiri oleh sejumlah tamu undangan yang berkumpul di Stasiun Bristol Temple Meads, Bristol pada Senin kemarin. Kereta diberangkatkan dari dua stasiun yakni Bristol Temple Meads dan London Paddington. 

Namun sayang, hari pertamanya berdinas tidak berjalan dengan mulus. Perjalanan perdana relasi Bristol - London yang seharusnya diberangkatkan dari Bristol Temple Meads pada pukul 6.00 GMT terlambat selama 18 menit dikarenakan AC bocor di kereta penumpang kelas 1. Hal yang sama juga terjadi di beberapa tempat di kelas standar. Jurnalis BBC Scott Ellis mengabadikan dan mengunggah foto insiden AC bocor pada peejalanan perdana Hitachi Class 800 di akun Twitter miliknya, @scott4sarah.

AC yang bocor pada perjalanan perdana Class 800 | Twitter @scott4sarah


Masalah belum selesai sampai di situ. Mesin diesel elektrik yang seharusnya menyala di jalur tanpa LAA tidak mau menyala. Akhirnya kereta pun berjalan dengan cara "menggelinding" sampai Tamplow selama 14 menit sampai akhirnya mesin diesel pun menyala. Akibat peristiwa ini kereta baru terlambat tiba di London Padington selama 39 menit.


Beruntung perjalanan perdana relasi London - Bristol berjalan lancar tanpa masalah. Keduanya berhasil menyelesaikan perjalanan perdana mereka sampai di tujuan. Meski sempat dilanda keterlambatan dan gangguan, namun penumpang merasa puas dengan Class 800 ini. Mereka merasa cukup nyaman di sepanjang perjalanan.

Pengoperasian kereta intercity Class 800 dari London ke Bristol ini barulah yang pertama. Direktur Great Western Railway Mark Hopwood mengatakan pihaknya akan mulai mengoperasikan Class 800 di seluruh Barat Daya Inggris dan Wales sampai Swansea. Pengoperasian Class 800 ini merupakan bagian dari proyek kereta intercity yang dicanangkan oleh Kementerian Transportasi Britania Raya.

Rangkaian Class 800 mulai dikirimkan dari pabrik Hitachi di Kasado, Jepang pada Maret lalu dan tiba di Inggris pada Juni lalu. Rangkaian Class 800 ini rencananya akan beroperasi menggantikan rangkaian Intercity 125 yang sudah beroperasi sejak 1975 dan Intercity 225 beroperasi sejak 1988. Meski di hari pertamanya gangguan, semoga di perjalanan selanjutnya lancar dan bebas dari gangguan.  



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment