testimoni

testimoni

INKA Akan Bangun Pabrik di Banyuwangi

K3 Premium saat digunakan oleh KA Argo Parahyangan Tambahan

[22/10]. Perusahaan manufaktur kereta api Indonesia, PT INKA, berencana akan membangun pabrik baru di Banyuwangi, Jawa Timur. Dilansir dari Detik, Direktur Keuangan dan SDM PT INKA Mohamad Nur Sodiq mengatakan saat ini INKA berusaha memenuhi kebutuhan kereta dalam negeri dan mendapatkan pesanan ekspor kereta ke luar negeri. Sedangkan pabrik INKA saat ini yang berada di Madiun sudah overload 

Saat ini INKA tengah mengerjakan sejumlah kereta yang digunakan untuk kebutuhan dalam negeri seperti KRL Bandara Soekarno Hatta, LRT Palembang, LRT Jabodebek, serta kereta-kereta penumpang dan gerbong pesanan KAI. Selain itu, INKA juga mengerjakan pesanan kereta dari sejumlah negara seperti Sri Lanka, Bangladesh, Zambia, Nigeria, dan beberapa negara ASEAN sehingga diperlukan pabrik yang lebih besar dari yang ada di Madiun.

Guna mewujudkan hal tersebut, INKA menyiapkan dana sebesar Rp 600 miliar untuk membangun pabrik di Banyuwangi. Untuk lokasinya sendiri, pabrik ini akan dibangun di wilayah Kalipuro. Dipilihnya Kalipuro sebagai lokasi pabrik baru karena lokasinya yang dekat dengan Pelabuhan Tanjungwangi sehingga akan mempermudah INKA mengirimkan kereta baru ke luar negeri.

Rangkaian KRL bandara di Stasiun Jakarta Kota 

Lahan yang akan digunakan di Kalipuro adalah lahan yang dimiliki oleh BUMN. Sodiq mengatakan pihaknya sudah menghubungi Menteri BUMN Rini Soemarno untuk membangun pabrik di lahan milik BUMN tersebut dan menteri mendukung rencana tersebut sehingga pembangunan pabrik di Banyuwangi akan jauh lebih mudah.

Terkait rencana tersebut, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko menyambut baik rencana tersebut dan pihaknya menyatakan siap memberikan support yang dibutuhkan untuk membangun pabrik di wilayahnya. Meski dibangun pabrik baru di Banyuwangi, namun pabrik lama di Madiun akan tetap digunakan untuk pembuatan kereta terutama untuk KRL.

Rencananya pabrik baru ini akan mulai dibangun pada Maret 2018 dan ditargetkan selesai pada semester 2 tahun 2019. Diperkirakan pabrik baru ini dapat menyerap 1000 tenaga kerja. Selain membangun pabrik, Sodiq juga berharap bisa membangun SMK Kereta Api di Banyuwangi.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo 


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment