testimoni

testimoni

KRL Ngedrift Lagi di Manggarai

KRL Tokyo Metro 5017 yang ngedrift di Manggarai | istimewa

[3/10]. Masih belum hilang dari ingatan kita tentang anjloknya KRL Commuter Line Bekasi di Stasiun Jakarta Kota, KRL kembali anjlok di Stasiun Manggarai. Perjalanan KA yang menjadi korban adalah KA 1507 Commuter Line Bogor - Angke. Kejadiannya pun sama seperti tahun lalu, multi track drifting di jalur arah Tanah Abang. Rangkaian yang menjadi korban pun sama seperti tahun lalu. Yakni Tokyo Metro 5000.

Hanya bedanya, jika tahun lalu yang ngedrift adalah set 5009F, tahun ini yang jadi korban adalah set 5017F. Kereta yang ngedrift pun sama yakni kereta terakhir dari rangkaian kereta. Kereta ngedrift sekitar pukul 8 pagi tadi. Bogie depan kereta 5017 berada di posisi yang benar yakni di jalur arah Tanah Abang, sedangkan bogie belakangnya berada di jalur arah Manggarai dari Jakarta Kota.

baca juga: KRL Ngedrift di Manggarai Perjalanan Terganggu

Akibat peristiwa ini terjadi antrian parah di Jalur Bogor dan Bekasi. KRL Bogor - Angke - Jatinegara dan Bogor - Jakarta Kota serta KRL Bekasi - Jakarta Kota yang sudah terlanjur belok ke arah Manggarai terpaksa dipotong relasinya hanya sampai Stasiun Manggarai. Sedangkan KRL Bekasi yang belum sampai Manggarai diputar lewat Pasar Senen. 

Kondisi kereta dilihat dari samping | istimewa

Penumpukan penumpang pun terjadi di sejumlah stasiun. Penumpang KRL yang tertahan pun terpaksa turun dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Penumpang yang terlantar melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan menggunakan moda transportasi lain seperti transportasi online dan Transjakarta.

KRD penolong milik Dipo Bukit Duri diturunkan guna mengevakuasi KRL yang ngedrift. Sekitar pukul 11.29, rangkaian kereta yang selamat dievakuasi menggunakan tenaga sendiri. Menyusul yang selamat, kereta 5017 berhasil dievakuasi pada pukul 11.40 dengan ditarik oleh KRD NR. Keduanya kemudian dibawa ke Dipo Bukit Duri guna menjalani perbaikan. Sekitar pukul 12.30 perjalanan KRL sudah normal kembali.

Penumpang yang turun dari kereta dan berjalan kaki menuju Stasiun Pasar Minggu | picture by: Arya Wira Kusuma 



RE Digest | Bayu Tri Sulistyo


About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment