testimoni

testimoni

Mengapa Ada Lampu Depan di Sambungan KRL Ini?

Lampu yang berada di sambungan KRL 6101F | Picture by: Falih Pratama

Beberapa dari kita yang sering naik KRL pasti sering melakukan sejumlah tindakan iseng ketika menunggu kereta diberangkatkan. Salah satunya adalah mengintip ke sejumlah tempat di KRL seperti di sambungan. Ketika anda mengintip ke sambungan anda bisa jadi menemukan keberadaan lampu depan atau semboyan 20 dan lampu belakang atau semboyan 21 KRL di sambungan tengah pada KRL seri tertentu seperti pada gambar di atas.

Banyak dari anda pasti bertanya-tanya, "bagaimana bisa lampu tersebut berada di sana?" Apakah ini hasil dari "kreativitas" para teknisi di dipo. Bukan, ini bukan tindakan iseng para pegawai di dipo. Melainkan keberadaan lampu tersebut menandakan adanya kabin darurat atau emergency cab di kereta tersebut.

Apa itu kabin darurat atau emergency cab? Kabin darurat adalah perangkat meja layan kereta yang ditempatkan menyatu dengan ruang penumpang yang ada di dalam kereta. Biasanya meja layan kabin darurat ini digunakan pada saat kereta sedang dilangsir di dalam dipo. Namun dalam beberapa kasus, kabin darurat ini bisa dimodifikasi menjadi kabin masinis biasa.

Anda dapat menemukan kabin darurat ini di beberapa seri KRL milik PT KCI yang pada umumnya adalah KRL eks kereta bawah tanah seperti Tokyo Metro 7000, Tokyo Metro 6000, Tokyo Metro 05, Tokyo Metro 5000, dan Toyo Rapid 1000. Meja kendali kabin darurat ditempatkan di pojok kereta atu di bangku prioritas. Mencari keberadaan kabin darurat ini bisa dibilang susah-susah gampang karena bentuknya yang tersamar seperti kotak hidran.

Pada KRL Tokyo Metro 6000 dan 7000, kabin darurat ini dapat ditemukan pada kereta ke-5 dan ke-6 (6500/7500 dan 6600/7600) seperti pada gambar. Namun pada KRL Tokyo Metro 05, kabin darurat ini tidak dapat ditemukan di rangkaian milik PT KCI karena kereta yang memuatnya yaitu 05 400 dan 05 500 semuanya tidak digunakan dan sekarang disimpan di Dipo Depok atau dirucat di Stasiun Cikaum. Untuk KRL Toyo Rapid 1000, kabin darurat ini posisinya mirip pada Tokyo Metro 6000 dan 7000 yaitu di kereta ke-5 dan ke-6 (10x5 dan 10x6). 
Kotak penyimpanan meja layan kabin darurat pada Tokyo Metro 6000
Namun jika kotak penutupnya dibuka, barulah terlihat bentuk dari meja kendali kabin darurat. Bentuknya sama seperti meja layan biasa, hanya ukurannya saja lebih kecil karena disimpan dalam kotak. Terdapat tuas throttle, rem, saklar kelistrikan, saklar pengendali, pengukur tekanan angin, speedometer, tombol buka-tutup pintu, dan komponen lainnya dalam meja layan kabin darurat ini. 

Meja kendali kabin darurat
Semoga penjelasan sederhana ini bisa memuaskan rasa penasaran pembaca yang sempat bertanya-tanya "bagaimana bisa lampu tersebut berada di sana?". Seperti yang mereka bilang, "It's always good to learn new things everyday"

RE Digest | Bayu Tri Sulistyo | Ikko Haidar Farozy

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment