testimoni

testimoni

Sayonara KRL Seri 103 Osaka Loop Line!

KRL seri 103 di Osaka Loop Line | Foto: DD51612, Wikimedia Commons
[3/10] - Ketika di Jabodetabek para railfans ramai membicarakan momen menyedihkan anjlokan KRL Tokyo Metro 5017 di Manggarai, nun jauh di Jepang sana yaitu tepatnya di Osaka, para railfans justru ramai membicarakan momen mengharukan last run KRL seri 103 milik West Japan Railway Company (JR West) di Osaka Loop Line.

Bagaimana tidak mengharukan, KRL seri 103 ini telah sangat lama malang melintang berdinas di Osaka Loop Line sejak tahun 1969, ketika JR Group masih dalam wujud BUMN Japan National Railways (JNR), dan selama pengabdiannya yang amat panjang yaitu hampir setengah abad, sebagian dari rangkaian KRL seri ini telah menjalani peremajaan oleh JR West untuk memperpanjang usia pakainya yang meliputi peremajaan perpanjangan umur yang meliputi perbaikan pada panel luar dan dalam, jendela, perbaruan komponen pemipaan, dan perbaikan-perbaikan lain serta peningkatan kualitas bodi untuk menghilangkan imej kereta tua yang meliputi peningkatan pada sistem pendingin udara, penggantian bantalan kursi, penggantian tipe jendela, dan peningkatan lainnya. Tidak hanya itu saja, berdasarkan laporan Asahi Shimbun, tanggal 3 Oktober ini sengaja dipilih karena dalam konvensi penanggalan Jepang tanggal ini dibaca 10/3, sesuai dengan seri 103.

Dipensiunkannya KRL seri 103 di Osaka Loop Line ini sejalan dengan rencana penggantian armada KRL seri 103 (Dan kedepannya seri 201) dengan armada terbaru seri 323 yang telah berdinas sejak Desember 2016 lalu yang saat ini sudah ada 8 rangkaian yang aktif berdinas.
JR 323 momodani.jpg
Sang penerus: KRL seri 323, armada terbaru andalan JR West untuk melayani Osaka Loop Line meneruskan kejayaan KRL seri 103 dan kedepannya juga seri 201 | Foto: jr223~commonswiki, Wikimedia Commons
Rencana pemensiunan ini sesuai yang dilansir dari Japan Railfan Magazizne telah diumumkan sejak tanggal 5 September lalu, bertepatan dengan dirilisnya video spesial berisi kumpulan rekaman KRL seri 103 serta fakta Osaka Loop Line untuk mengenang jasa KRL seri 103 di Osaka Loop Line di laman Proyek Peremajaan Osaka Loop Line (大阪環状線改造プロジェクト), yang juga dapat dilihat di kanal Youtube resmi mereka.

Video yang didedikasikan untuk mengenang jasa KRL seri 103 di Osaka Loop Line dari kanal resmi Proyek Peremajaan Osaka Loop Line |  Video: 大阪環状線改造プロジェクト

Berdasarkan yang dilansir dari artikel lain di Asahi Shimbun, pemerjalanan terakhir rangkaian KRL seri 103 di Osaka Loop Line ini dilakukan oleh rangkaian MoRi LA4 yang mengakhiri perjalanannya di Stasiun Kyobashi pada pukul 11.20 siang waktu setempat. Sontak ketika akan diberangkatkan untuk pulang dipo, rangkaian ini langsung diserbu oleh para railfans yang tidak mau ketinggalan kesempatan memotret rangkaian KRL seri 103 di lintas Osaka Loop Line untuk terakhir kalinya, seraya berteriak "terima kasih!"
「103系」の最終運行を撮影する多くの鉄道ファンら(3日午前、JR京橋駅で)=里見研撮影
Para railfans yang tidak mau ketinggalan kesempatan terakhir memotret rangkaian KRL seri 103 di Osaka Loop Line | Foto: Yomiuri

Tidak hanya itu juga, berdasarkan yang dilansir dari NHK, menurut pengakuan masinis JR West Akihiro Iida yang telah menjalankan KRL seri 103 selama 20 tahun, KRL seri ini diakui memang terkadang mempunyai hal-hal yang menjengkelkan, tetapi juga ada hal-hal indah ketika menjalankan KRL seri ini. Selain itu, ia juga menambahkan pada saat menjalankan KRL seri ini untuk terakhir kalinya, ia melakukan pengereman secara lebih berhati-hati demi kenyamanan penumpang, dan tidak ketinggalan untuk mengucapkan terimakasih pada KRL seri ini.

Tidak hanya di kalangan railfans Jepang saja. Di kalangan railfans Indonesia, KRL seri 103 di Osaka Loop Line menjadi terkenal dengan permainan simulasi kereta api Densha de Go! Final dan Densha de Go! Pocket. Meskipun memang permainan simulasi kereta api Densha de Go! 2 juga mempunyai skenario menjalankan KRL seri 103 di Osaka Loop Line, akan tetapi permainan Densha de Go! Final dan Pocket lebih dikenal di kalangan railfans Indonesia, terlebih di kedua permainan tersebut terdapat skenario menjalankan KRL seri 103 di seluruh lintas Osaka Loop Line.

Meski pengabdiannya telah usai di Osaka Loop Line dan menanti nasib akan rencana selanjutnya apakah akan dilimpahkan ke jalur lain ataupun menjadi "makanan" alat berat perucatan, akan tetapi untuk saat ini, sesuai yang dilansir dari artikel di Asahi Shimbun KRL seri 103 masih dipercaya oleh JR West untuk berdinas di lintas lain seperti Lintas Yamatoji dan Bantan, serta beberapa lintas lainnya. Tidak hanya itu saja, salah satu kereta berkabin dari rangkaian MoRi LA4 ini direncanakan akan dipamerkan di Museum Perkeretaapian Kyoto mulai tanggal 3 sampai 6 November mendatang.

Hal ini adalah sebuah pengakuan kesuksesan desain seri 103, yang tidak hanya menjadi salah satu seri KRL di Jepang yang terbanyak diproduksi sejak awal produksi tahun 1963 hingga produksinya diakhiri tahun 1984 dan bersama seri 101 menjadi landasan desain KRL komuter modern di Jepang, tetapi KRL seri ini masih digunakan hingga hari ini di Jepang meskipun dalam jumlah sangat terbatas.

Terima kasih seri 103! Semoga seri 323 juga akan dapat membuktikan diri menjadi KRL yang andal dan dapat meneruskan kejayaan pendahulunya.

Sumber
Japan Railfan Magazine
Asahi Shimbun (1)
Asahi Shimbun (2)
Asahi Shimbun (3)
NHK
Wikipedia Jepang

RED | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment