testimoni

testimoni

Sepaket Dengan Ujicoba Kakaknya, Rangkaian 6129F Diujicobakan

Rangkaian 6129F keluar dari dipo Depok
(2/10) - Dua hari setelah ujicoba rangkaian pertama dari kelompok terakhir impor KRL bukan baru oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yaitu 6120F, giliran rangkaian kedua kelompok tersebut, 6129F, yang diujicobakan untuk kali pertama setelah selesai menjalani proses adaptasi lingkungan di Dipo Depok sejak kedatangannya pertengahan September yang lalu.

Seperti halnya 6120F, 6129F juga diujicobakan pada siang hari. Namun, jalannya ujicoba relatif lebih lancar dibandingkan ujicoba 6120F yang terkena imbas gangguan sinyal akibat penggantian sistem persinyalan dari solid-state interlocking buatan Eropa yang telah berdinas sejak tahun 1994 menjadi sistem Kyosan K5B buatan Jepang di Stasiun Manggarai. 6129F bertolak dari Depok menuju Manggarai sebelum pukul 2 siang, berjalan di depan KRL 1635 Bogor-Kampung Bandan dan KRL 1151 Depok-Jakarta Kota.

Tidak hanya jadwal ujicoba, template pewarnaan rangkaian juga serupa dengan 6120F, yang juga digunakan oleh 6121F dan 6124F, yaitu striping tengah tebal dan striping atas tipis yang mirip dengan KRL seri 205. Penggunaan airbrush pada 6129F juga seperti pada 6120F, 6121F, dan 6124F yaitu pada bagian muka atas rangkaian. Hal ini sekaligus meralat informasi yang kami berikan sebelumnya, di mana pada artikel ujicoba 6120F tertulis rangkaian tersebut juga menggunakan airbrush di bagian samping atas rangkaian.
Rangkaian kembali dari Manggarai
Selanjutnya, 6129F akan segera dilengkapi lagi sebelum diujicobakan bersama Kementerian Perhubungan untuk disertifikasi dan akhirnya bisa berstatus siap operasi untuk melayani penumpang. Nantinya, rangkaian ini bersama dengan 6120F bisa saja akan mengisi kekurangan rangkaian yang sedang terjadi akibat "tumbang"-nya beberapa rangkaian formasi 10 dan 12 kereta karena masalah roda, atau mengubah dua pemerjalanan yang menggunakan rangkaian formasi 8 kereta sehingga semakin banyak rangkaian formasi 8 kereta yang menganggur untuk selanjutnya dioprek menjadi 10 atau 12 kereta. Menurut informasi yang kami dapat dari sumber kami, kedua rangkaian ini sudah didaftarkan untuk uji sertifikasi dan akan segera diuji dalam waktu dekat.

Sebelum benar-benar didatangkan ke Jakarta, rangkaian 6129F yang sebelumnya sudah dijadwalkan oleh Tokyo Metro untuk dikirim ke Jakarta sempat hampir tidak jadi berangkat, dikarenakan pihak dari KCI (saat masih bernama KCJ) pada saat itu tidak menginspeksi 6129F dan malah menginspeksi 6122F sebagai calon rangkaian yang akan dikirimkan ke Jakarta. Rumor bahwa 6122F akan pergi ke Jakarta pun kemudian menyebar ke seantero Tokyo maupun Jabodetabek. Namun kemudian, tiba-tiba 6129F dikirimkan ke dipo Shin-Kiba dengan status KLB ujicoba, yang di dalamnya mengangkut "pejabat-pejabat terkait" dan kemudian memulai proses pengiriman menuju Jakarta. Sedangkan 6122F masih berdinas di jalur Chiyoda hingga hari ini.

RED | MPSCLFJRN

About Muhammad Pascal Fajrin

Just a kid from yesterday, today. An early "two-headed age" young man with big dreams, and still trying to make those dreams come true. A romantic, loving, and caring person. Likes nasi goreng so much.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment