testimoni

testimoni

Taifun Landa Jepang, Operasional Kereta Api Terganggu

KRL di Jalur Sotetsu yang mengepulkan asap usai tesambar petir

[23/10]. Gangguan beruntun melanda perkeretaapian di Jepang usai dilanda Taifun Lan atau biasa disebut Taifun no. 21 di Jepang pada Senin kemarin. Gangguan operasional terjadi di sejumlah jalur kereta api di Jepang. Badai menerjang wilayah pesisir timur Negeri Sakura tersebut. Satu perjalanan KRL di Jalur Sotetsu tersambar petir saat badai terjadi.

Listrik di kereta pun seketika mati. Asap mengepul di dalam kereta. Akibat peristiwa ini, perjalanan KRL tidak dapat dilanjutkan. Penumpang selanjutnya dievakuasi menuju stasiun terdekat dengan berjalan kaki. Peristiwa mengepulnya asap ini sempat diabadikan oleh seorang warganet dengan akun Twitter @sotetsu_akb. 

Peristiwa di Jalur Sotetsu belum seberapa. Jalur Kosei milik JR West terpaksa dihentikan operasionalnya akibat 9 tiang penyangga kabel LAA yang rubuh diterjang angin topan. Tiang LAA rubuh pada Selasa dini hari sekitar pukul 4.45 waktu Jepang. Tiang yang rubuh berada di petak antara Stasiun Hira dan Omi yang berada di Kota Otsu, Prefektur Shiga.

Akibatnya perjalanan kereta api di Jalur Kosei relasi Stasiun Katata dan Omshiatsu terpaksa dihentikan hingga proses perbaikan LAA selesai dilakukan.

Tiang penyangga LAA yang rubuh di Jalur Kosei | NHK

Jalur Kansai milik JR West juga dihentikan operasionalnya akibat banjir yang merendam Stasiun Misato, Prefektur Nara pada Senin malam. Banjir yang diakibatkan meluapnya debit air di Sungai Yamatawa merendam keseluruhan jalur. Akibatnya jalur di petak antara Stasiun Oji dan Misato terpaksa ditutup yang berimbas pada dihentikannya operasional di Jalur Kansai.

Banjir yang merendam Stasiun Misato | Twitter @rukiya61

Taifun yang terjadi juga menyebabkan perjalanan Tokaido Shinkansen relasi Tokyo - Osaka juga dihentikan. Penghentian operasional Tokaido Shinkansen berbarengan dengan dibatalkannya 100 penerbangan maskapai Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA). Akibatnya 25.000 orang penumpang terlantar akibat dihentikannya perjalanan Shinkansen dan dibatalkannya penerbangan dari dua maskapai tersebut.

Penumpukan penumpang juga terjadi di Jalur Osaka Loop Line pada sore hari ini. Penumpukan terjadi karena banyaknya jadwal kereta yang dibatalkan akibat badai. Penumpang yang biasanya dilayani oleh 5 perjalanan kini hanya dilayani oleh 1 perjalanan saja. Akibatnya penumpang menumpuk di peron dan kereta penuh sesak dengan penum

Taifun Lan atau Topan no. 21 melanda wilayah pesisir timur Pulau Honshu sejak Minggu kemarin. Hujan deras dan angin kencang dengan kecepatan hingga 81 km/jam melanda selama 3 hari terakhir. Taifun yang terjadi juga menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik di Honshu akibat hujan deras yang terjadi. Hingga saat ini, setidaknya 2 orang tewas akibat badai ini. Taifun tak hanya menyebabkan terganggunya operasional di sektor transportasi. Sektor industri dan perdagangan pun juga terdampak akibat badai ini.


RE Digest | Bayu Tri Sulistyo

About Bayu Tri Sulistyo

    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment