testimoni

testimoni

Tarif KA Ekonomi PSO Batal Naik Pada 1 Januari 2018

KA Matarmaja, salah sat  KA ekonomi PSO yang dioperasikan oleh PT KAI
[5/10] - Ada sedikit kabar menggembirakan untuk pembaca yang berencana menaiki KA ekonomi bersubsidi (PSO) pada Januari 2018. Setelah sebelumnya sempat dikabarkan tarif KA ekonomi PSO akan naik pada tanggal 1 Januari 2018 mendatang, ternyata kenaikan tarif kembali dibatalkan oleh PT KAI.

Baca juga: 1 Januari 2018, Tarif KA Ekonomi PSO Naik

Berdasarkan yang dilansir dari Detik Finance, PT KAI secara resmi mengumumkan pembatalan kenaikan tarif KA ekonomi jarak sedang dan jauh PSO yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2018 mendatang setelah sebelumnya mengumumkan rencana kenaikan tarif KA ekonomi PSO berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan nomor 42 tahun 2017 sebagai perubahan kedua dari PM Perhubungan nomor 32 tahun 2016.

Pembatalan kenaikan tarif KA ekonomi PSO ini sendiri bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya, tarif KA ekonomi PSO direncanakan naik pada tanggal 7 Juli lalu, namun kemudian atas dasar protes dari masyarakat, maka rencana ini urung dilaksanakan.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro menjelaskan bahwa pembatalan kenaikan ini sesuai arahan pemerintah yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengevaluasi lagi kemampuan KAI untuk menanggung selisih biaya dan memang mampu, maka KAI akan mengacu pada tarif yang sekarang berlaku.

Berhubung kenaikan kembali dibatalkan, berikut adalah tarif KA jarak jauh kelas ekonomi PSO per tanggal 1 Januari 2018.


Akan tetapi, Edi juga menambahkan bahwa tarif KA ekonomi PSO setelah Januari 2018 masih belum dapat diketahui apakah akan mengacu pada PM Perhubungan nomor 32 tahun 2016, atau PM Perhubungan nomor 42 tahun 2017, di mana hal ini kedepannya akan dibahas bersama oleh KAI dan Kemenhub.

Apapun keputusan yang nanti diambil, untuk sekarang bolehlah kita bernapas lega karena tidak harus merogoh kocek yang lebih dalam... Untuk sekarang.

Sumber
Detik Finance

RED | Ikko Haidar Farozy

About Ikko Haidar Farozy

Hanya orang biasa yang juga menulis di RE-Digest.
    Facebook Comment
    Google+ Comment

0 komentar:

Post a Comment